Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Matematis pada Materi SPLDV Berdasarkan Langkah Polya

Authors

  • Muhammad Afif Taqiyudin Indonesian University of Education, Indonesia
  • Robby Ismail Fasya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dzaki Fadhillah Sholahuddin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aan Hasanah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1767

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan langkah-langkah Polya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa pada salah satu SMA Swasta di Bekasi. Pemilihan subjek dilakukan dengan wawancara kepada guru yang mengajar dan didapatkan satu subjek dengan tingkat pemecahan masalah sedang dan dua subjek dengan tingkat pemecahan masalah rendah. Selanjutnya, siswa diberikan tugas pemecahan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Dalam pemecahan masalah, digunakan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali hasil pemecahan. Dari analisis data, siswa dengan kemampuan sedang mampu melakukan perencanaan pemecahan masalah serta mampu menyelesaikan pemecahan masalah secara tepat. Namun siswa tidak melakukan tahap pemeriksaan kembali. Siswa dengan kemampuan penalaran rendah tidak mampu dalam memahami masalah serta melakukan perencanaan pemecahan masalah. Penyelesaian masalah yang diberikan oleh siswa dengan kemampuan penalaran rendah juga tidak tepat dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. Disarankan kepada guru untuk mengecek kembali pemahaman siswa mengenai materi prasyarat danmemanfaatkan teknologi dengan tujuan mengurangi kesulitan siswa dalam memahami materi.

References

Ningsih, Sri Ayu (2023). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PROSES PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN LANGKAH POLYA. Skripsi Sarjana. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung : Tidak diterbitkan

Mustafa, Wijayanti Tri (2011). Pengertian Matematika. Jakarta: PT Gramedia Anitah.W,Sri.dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta; Penerbit Universitas terbuka

Budhayanti. (2008). Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Ruseffendi. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suherman, E, et al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Sholihah, Silfi Zainatu, dan Afriansyah, Ekasatya Aldila. 2017. â€Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hieleâ€. Jurnal Mosharafa. Vol. 6, No. 2, Mei 2017.

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., … Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Agung. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 155–163

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Polya, G. (1973). How To Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2568

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019).Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 120-129, https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379.

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 63– 70. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.983

Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Taqiyudin, M. A., Fasya, R. I., Sholahuddin, D. F., Herman, T., & Hasanah, A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Matematis pada Materi SPLDV Berdasarkan Langkah Polya. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 68–72. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1767

Issue

Section

Articles

Citation Check