PENERAPAN TEORI POLYA PADA MATERI SIMETRI LIPAT DI MI/SD

Alliyah Putri, Defi Antika

Abstract


Abstrak: Penggunaan teori polya dalam proses pemebelajaran masih menjadi hal yang jarang digunkan, dikarenakan butuh pemahaman dan ketelitian yang tinggi. Tujuan penellitian ini adalaah untuk menegetahui keberhasilan penerapan teori polya pada materi simetri lipat secara optimal. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan data kuantitatif yang relevan dan data terkumpul menggunakan wawancara dan observasi yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif yang termasuk dalam kategori data kualitatif. Objek kajiannya adalah siswa SD/MI. Analisis data di lakukan dengan mengkaji subtansi dan materi penerapan teori polya pada materi simetri lipat. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan teori polya pada materi simetri lipat ini sudah berljalan dengan baik.

Kata Kunci: Teori, Polya, Simetri Lipat

  

 

Abstract: The use of polya theory in the learning process is still something that is rarely used, because it requires high understanding and precision. The aim of this research is to find out the success of optimally applying polya theory to fold symmetry materials. This research uses data collection techniques using relevant quantitative data and data collected using interviews and observations which are analyzed using qualitative analysis which is included in the qualitative data category. The object of study is elementary/MI students. Data analysis was carried out by examining the substance and material of applying polya theory to fold symmetry materials. The results of the research state that the application of polya theory to fold symmetric materials has gone well.

Keywords:Theory, Linear Symmetry, Polya

PENERAPAN TEORI POLYA PADA MATERI SIMETRI LIPAT DI MI/SD


Full Text:

PDF

References


Astuti, T. W. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Simetri pada Siswa Kelas V SD Negeri Sayangan No. 244 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Konseling, 18(1).

Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya pada Siswa Kelas VIII SMP ditinjau dari Gender. Natural Science Education Research, 4(1).

Dwi, A., & Surya, E. (2017). Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika.

Hidayah, S., Purwoko, R. Y., & Ngazizah, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1).

Nadifa, M. (2018). Penerapan Pendekatan Polya untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang pada Siswa Kelas 5 SD. PTK A4 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Nitya, I. G. D., & Partadjaja, I. W. K. T. R. (2013). Penerapan Model Polya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas V SD No. 2 Pemaron. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Purba, D., Nasution, Z., & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25-31.

Purwaningsih, N. W. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbantuan Teori Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa di Kelas III SD No. 2 Pangsan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 3(2), 1-9.

Suryani, I. D. (2018). Pendekatan Pemecahan Masalah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Kelas III SDN Urang Agung. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Subandi, S. (2018). Meningkatkan Kinerja Guru Kelas VI dalam Pembelajaran Soal Cerita melalui Penerapan Teori Polyadi SDN Uma Buntar Tahun 2016. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(1), 1-11.

Saedi, M., Mokat, S., & Herianto, H. (2011). Teori Pemecahan Masalah Polya Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 26-35.

Pambudi, D. S., & Kristiana, A. I. (2014). Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Persegi dan Persegi Panjang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Smp Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. KadikmA, 5(2).

Widuri, R., Fuadiah, N. F., & Pratama, A. (2022). Desain Didaktis Simetri Lipat untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(1), 1-10.




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1727

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 26 times

Copyright (c) 2023 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.