Aplikasi Geogebra berbasis Android dalam mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis: Implementasi selama Pembelajaran Online

Evi Latifatus Sirri, Siti Rulia, Puji Lestari

Abstract


Pandemi Covid-19 mempengaruhi sektor pendidikan, pembelajaran di sekolah dilakukan secara online. Guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi yang ada agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu teknologi tersebut adalah aplikasi GeoGebra berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) efektivitas penggunaan aplikasi GeoGebra berbasis Android terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, 2) kemandirian belajar siswa selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa pada salah satu MTs di Kabupaten Ciamis dengan sampel terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Instrumen penelitian adalah soal tes kemampuan koneksi matematis dan kuesioner kemandirian belajar. Teknik analisis data dengan deskripsi hasil implementasi GeoGebra, uji effect size dan perhitungan kuesioner kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa efektivitas penggunaan aplikasi GeoGebra berbasis Android dalam mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis selama pembelajaran online masih belum maksimal yaitu sebesar 0,25 dan termasuk dalam kriteria rendah. Untuk kemandirian belajar kelas kontrol 34 % siswa memiliki kriteria tinggi dan 66% siswa memiliki kriteria sedang, sedangkan di kelas eksperimen 20% siswa memiliki kriteria tinggi dan 80% siswa memiliki kriteria sedang

Full Text:

PDF

References


Badjeber, Rafiq, and Siti Fatimah. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta.” Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 20, no. 1 (2015). https://doi.org/10.18269/jpmipa.v2 0i1.557

Barnard, L., Paton, V., & Lan, W. (2008). Mediator in the Relationship between Online Course Perceptions with Achievement. International Review of Research in Open and Distance Learning, 9(2), 1–11.

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software GeoGebra. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79–87. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558

Coxford, A.F. (1995). ³The Case for Connecting Mathematics across the Curruculum Editor: House, P.A. dan Coxford, A.F . Reston, Virginia: NCTM.

Herawati, L. (2017). Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik menggunakan model problem based learning (PBL) dengan berbantuan Software GeoGebra. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 39–44.

Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2005). Combination of dynamic geometry , algebra and calculus in the software system GeoGebra. Computer Algebra Systems and Dynamic Geometry Systems in Mathematics Teaching Conference 2004, 2002(July), 1–6. http://www.GeoGebratube.org/material/show/id/747

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. 11th International Congress on Mathematical Education, June 2014, 1–9.

Huda, Syaiful. (2017). Pengembangan DIktat (Analisis Kebutuhan dan Desain Konseptual "Kapita Selekta Matematika SMA" Berbasis Geogebra. Jurnal Buana Matematika, 7(1), 13-22.

Lee, C. (2002). The impact of self-efficacy and task value on satisfaction and performance in a Web-based course. Dissertation Abstracts International, 63(05), 1798. (UMI No. 3054599)

Lee, T.-H., Shen, P.-D., & Tsai, C.-W. (2008). Applying web-enabled problem-based learning and self-regulated learning to add value to computing education in Taiwan’s vocational schools. Educational Technology & Society, 11(3), 13-25.

NCTM. (2000). Principles and Standarts for School Mathematics. [Online] Tersedia: http://www.nctm.org/standarts/content .aspxid=26862 [Diakses 15 Februari 2021]

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (Ctl) Dengan GeoGebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 27.

https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349

Pintrich, P. R. (2000). The role of goal orientation in self-regulated learning. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich, and M. Zeidner (Eds.), Handbook of self-regulation (pp. 451-502). San Diego, CA: Elsevier Academic Press.

Puzziferro, M. (2008). Online technologies self-efficacy and self-regulated learning as predictors of final grade and satisfaction in college-level online courses. American Journal of Distance Education, 22(2), 72-89.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suminanto, & Kartono. (2015). Analysis of Mathematical Connection Ability in Linier Equation with One Variable based on Connectivity Theory. Internasional Journal of Education and Research, 3(4): 259-270

Wandler, J., & Imbriale, W. (2017). Promoting undergraduate student self-regulation in online learning environments. Online Learning 21 (2): 275-291. doi: 10.24059/olj.v21i2.881. Retrieved from https://olj.onlinelearningconsortium.org/index.php/olj/article/view/881




DOI: https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1682

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 20 times

Copyright (c) 2024 AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Jurnal Al-Khawarizmi email: jurnalalkhawarizmi2@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.