PENERAPAN MODEL MOVEMENT EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR LOMPAT JANGKIT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SAYAN

Een Wahyudi, Eko Rudiansyah, Kurnia Dyah Anggorowati

Abstract


Abstract: This study aims to improve the basic technique skills of multifle jumps in grade VII students of SMP Negeri 5 Sayan. The subjects in this study were 5 students consisting of 4 famale students and I male student. This research is the basic technique ability of multiple jumps in the seventhgrade students of SMP Negeri 5 Sayan. Then the data collection techniques in this study used skills tests and essay questions as well as documentation, the research instruments used observation sheets, student worksheets and learning implementation sheets for APKG I and APKG II which could be assessed by looking for the percentage obtained from the implementation of the learning. The results showed that the first cycle in the learning planning aspect of APKG I god a score of 2.82, in the second cycle it increased to 3.76 in the good category, while in the teaching skills aspect of AFKG II in the first cycle it got a score of 3.05, in the cycle II increased to 4 in the very good category. The results of the assessment of students psychomotor ability in cycle in cycle I was 0%, and cycle II was 100%, an increase from cycle I to cycle II was 100%. The conclusion in this study is that  after applying the movement education model it can improve the basic technique skills of  multiple jumps in grade VII students of  SMP Negeri 5 Sayan.

 

Keywords: Movement Education Model, Basic Technique, Jump Up

                                   

Abstrack: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar lompat jangkit pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sayan. Subjek pada penelitian ini yaitu 5 siswa yang terdiri dari 4 orang siswa perempuan dan 1 orang siswa laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian tindaan kelas dengan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Objek pada penelitian ini adalah kemampuan teknik dasar lompat jangkit pada siswa klas VII SMP Negeri 5 Sayan. Kemudian teknik pengumpulan data dalm penelitian ini menggunakan tes keterampilan dan soal essai serta dokumentas, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar kerja siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran APKG I dan APKG II yang dapat dinilai dengan mencari persentase yang diperoleh dari keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa siklus I pada aspek perencanaan pembelajaran APKG I mendapat skor 2,82 pada siklus II meningkat menjadi 3,76 dengan kategori baik, sedangkan pada aspek keterampilan mengajar APKG II pada siklus I mendapat skor 3,05, pada siklus II meningkat menjadi 4 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian kemampuan psikomotor siswa siklus I sebesar 0% dan siklus II sebsar 100%, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 100%. Kesimpulan dalam penlitian ini adalah setelah menerapkan model movement education dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar lompat jangkit pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sayan.

Kata Kunci: Model Movement Education, Teknik Dasar, Lompat Jangkit


Full Text:

PDF

References


Abel & Bridges. 2010. Teaching Movement Education, Foundtions For Active Lifestyles. Human Kinetics.

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.

------------2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Gustiawati, R. 2018. Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap

Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan

Kesehatan Pada Siswa SD Pinayungan V Kabupaten Kerawang. Jurnal Speed. Volume 2 No. 1/November 2018.

Kusumah, W. & Dwitagama, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

Maulana, L. 2011. Model Pendidikan Gerak (Movement Education). Banten: Musyawarah

Guru Mata Pelajaran Penjasorkes SMP Kabupaten Pandeglan.

Suherman, A. 2009. Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v9i2.814

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)



Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.