IMPLEMENTASI MODEL TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY (TPSR) DALAM PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENCIPTAKAN RASA TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI TINGKAT SMA

Riska Elmeiri, Aref Vai, Hirja Hidayat, Muhammad Imam Rahmatullah, Fekie Adila

Abstract


Penelitian berbasis model TPSR ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR) yang diterapkan guru PJOK dapat menciptakan rasa tanggung jawab peserta didik. Metode penelitian yang peneliti terapkan adalah penelitian tindakan kelas, Penelitian ini terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,  pengamatan serta refleksi dari penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI  berjumlah 59 siswa.Teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan purposive sampling yang berjumlah 15 siswa. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada siklus I  Implementasi dari Model Teaching Personal and Sosial Responsibility (TPSR) dalam Pembelajaran  PJOK  dapat menciptakan rasa tanggung  jawab dengan hasil 64,53 % dan pada Siklus II dengan hasil 89,63 %. Berdasarkan hasil penelitian inidapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Teaching Personal and Sosial Responsibility (TPSR) dalamPembelajaran PJOK dapat menciptakan rasa tanggung jawab pada pembelajaran PJOK.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR), Tanggung Jawab


Full Text:

PDF

References


Adji, T. P., Putro, K. H., & Yogyakarta, U. N. (2020). J o p e. 3, 53–62.

arikunto, suharsimi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Dewi, R. A., & Ansori, I. (2018). Hubungan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas IV. Joyful Learning Journal, 7(2), 64–71.

Fadli Saputra1, M. Rif’at2, A. F. H. (2019). Penerapan Pembelajaran Rekreasi Untuk Meningkatkan Motivasi Berolahraga Siswa Kelas Xi Ipa Madrasah Aliyah Baitulmall Pancasila Nanga Pinoh. Concept and Communication, null(23), 301–316.

Gordon, B., & Doyle, S. (2015). Teaching personal and social responsibility and transfer of learning: Opportunities and challenges for teachers and coaches. Journal of Teaching in Physical Education, 34(1), 152–161. https://doi.org/10.1123/jtpe.2013-0184

Juliantine, T., & Ramadhan, U. (2018). Pengembangan Tanggung Jawab Dan Perilaku Sosial Siswa Melalui Model Tpsr Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Sosioteknologi, 17(3), 350–354. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.3.2

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61. https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69

Nurina, T., & Sukoco, P. (2014). Upaya Peningkatan Karakter Siswa Sma Dalam Permainan Bola Basket Melalui Model Tpsr. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 77–87. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2605

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76. http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707

Rudiansyah, E., & Permatasari, R. (2020). Aktivitas Outbond Terhadap Penurunan Tingkat Kenakalaan Siswa Sma Dan Smk Di Kecamatan Ella Hilir. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 7(2), 64–75. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v7i2.284

Septiadi, F., & Saputri, H. (2020). Penerapan Model Teaching Personal and Social Responsibility Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Tahun 2019. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 32–40. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8346

Setiawan, E., Jumareng, H., Aryani, M., & Kastrena, E. (2021). Teaching Personal Social Responsibility Versus Konvensional sebagai Upaya Menciptakan Good Character Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan di Tingkat Universitas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 104–114.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruinya. PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhartono, E. (2017). Systematic Literatur Review ( SLR ): Metode , Manfaat , Dan Tantangan Learning Analytics Dengan Metode Data Mining di Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah INFOKAM, 13(1), 73–86.

Supriadi, D. (2020). Peningkatan tanggungjawab: teaching personal and social responsibility dan aktivitas adventure education. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 304–315.

Utama. (2020). Metode bantuan tentor: Penerapannya dalam meningkatkan passing atas bola voli mini siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal of Sport Education, 3(1), 43–52.

Widiyatmoko, F. A. (2016). Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Mahasiswa Melalui Pembelajaran Bola Basket. Jendela Olahraga, 1(1), 18–28. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/view/1301/1124




DOI: https://doi.org/10.46368/jpjkr.v9i2.573

Article Metrics

Abstract view : 622 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)



Nur Atmaja, Email: atmajanur27@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04 Nanga Pinoh, Kab. Melawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.