DESAIN PENGEMBANGAN PEMANASAN PERMAINAN SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.544Abstract
Abstract: This study aims to develop a warm-up with games for students of football game material so that students are not easily bored and are more enthusiastic about doing core activities. The method used by the researcher is the R&D method. The sample in this study were students of Tanjungpura University Sports Coaching Education, Pontianak, with 10 students. The research phase includes (1) potential and problems (2) game design (3) product validation (4) product testing. The data collection technique in this study was using a questionnaire and a pulse measurement test. The data were analyzed descriptively by using the ANOVA test. The results of this study are suitable for use with an average value of 3 judges 93% and the average pulse rate of the experimental people reaches 60-75% of the exercise pulse. Conclusion The development of football heating is very feasible to use for warming up.
Keywords: Warming up, Pulse, Games
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemanasan dengan permainan untuk mahasiswa materi permainan sepakbola agar mahasiswa tidak mudah mengalami kebosanan dan lebih semangat untuk melakukan aktivitas inti. Metode yang digunakan peneliti adalah metode R&D. sempel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tanjungpura Pontianak, dengan mahasiswa sebanyak 10 orang. Tahap penelitian meliputi (1) potensi dan masalah (2) desain permainan (3) validasi produk (4) uji coba produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan tes pengukuran denyut nadi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji anova. Hasil penelitian ini layak untuk digunakan dengan rata-rata nilai dari 3 judges 93% dan rata-rata denyut nadi orang coba mencapai 60-75% denyut nadi latihan. Kesimpulan pengembangan pemanasan sepakbola sangat layak digunakan untuk pemanasan.
Kata Kunci: Pemanasan, Denyut Nadi, Permainan       Â
References
Abdul Latif Rusdi. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Alternatif Pemanasan Olahraga Sekaligus Peningkatan Fleksibilitas Siswa. Permainan Tradisional Sebagai Alternatif Pemanasan Olahraga Sekaligus Peningkatan Fleksibilitas Siswa.
Arie Paramitha, M. V. (2019). No Title. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun, 3(1), 1–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29408/Goldenage.V3i01.1336
Baira, I. (2019). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Performa, 1(3), 910–918. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Patriot.V1i3.299
Ganda Hadi Wijaya. (2020). No Title. Pengembangan Model Pembelajaran Senam Karate Kids (Skk) Di Sdi At’taqwa Surabaya, 5(1), 6–13. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36526/Kejaora.V5i1.760
Jaenudin. (2018). No Title. Pengaruh Pembelajaran Kasti Modifikaasi Terhadap Nilai Kerjasama Pada Siswa Sekolah Dasar, 2(1), 31–36. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um040v2i1p31-36
Johandi Yusuf. (2020). Pengembangan Pemanasan Dinamis Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Tingkat Sekolah Menengah Pertama, 5(1), 79–85. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36526/Kejaora.V5i1.762
Kurnia, D. (2020). No Title. Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani, 2(1), 90–99. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2020.2.1.3302
Lusianti, S. (2015). Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani, 1(1), 1–123. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29407/Js_Unpgri.V1i1.573
Mariyanto, M. (2010). Manfaat Pemanasan Dalam Latihan Olahraga. Pendidikan Kepelatihan Olahraga.
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dadap 2 Indramayu, 10(1), 44–49. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35194/Jm.V10i1.941
Pujianto, D. (2020).Pengembangan Model Latihan Sasaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Sepakbola, 19(1), 66–73. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.20527/Multilateral.V19i1.8333
Sholihin, M. (2019).Pengaruh Pemanasan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Tingkat Kesiapan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, 7(2), 375–379.
Supriyanto, D. (2012). Pengembangan Model Modifikasi Permainan Sepakbola Untuk Siswa Sekolah Dasar, 12(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36728/Jis.V12i1.330
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Wahyu Afandi, M. (2017). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Mi Nahdlatul Ulama Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, 5(2), 253–259.
Yusuf, W. B. (2014). Pengaruh Pemanasan Dalam Bentuk Permainan Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 64–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.