PENERAPAN METODE BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT TINGGI PADA SISWA SEMESTER GENAP KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 TENGKAJAU

Authors

  • Merni Guwita
  • Mohammad Rif'at
  • Muttaqin Sulistyo Nur

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.53

Abstract

pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi materi lompat tinggi melalui metode bola gantung di
kelas VI SDN No.11 Tengkajau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bola
gantung yang berupaya mendeskripsikan data, fakta dan kecenderungan yang ada, serta melakukan
analisis dan refleksi apa yang seharusnya dilakukan untuk memecahkan masalah. Data peningkatan
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan, siswa yang
memiliki kualitas gerak sangat baik meningkat 34% dari studi awal ke siklus pertama, 13% dari
siklus pertama ke siklus kedua dan 24% dari siklus kedua ke siklus ketiga. Dengan demikian terjadi
peningkatan kemampuan lompat tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sebesar 73% sangat
baik 7% baik dan tidak ada lagi siswa yang memiliki kualitas gerak cukup dan kurang.
Kata Kunci: Metode Bola Gantung, Lompat Tinggi.

Published

2014-07-19

How to Cite

Guwita, M., Rif'at, M., & Nur, M. S. (2014). PENERAPAN METODE BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT TINGGI PADA SISWA SEMESTER GENAP KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 TENGKAJAU. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 1(1), 55–58. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.53

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>