PENERAPAN METODE BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT TINGGI PADA SISWA SEMESTER GENAP KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 TENGKAJAU
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.53Abstract
pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi materi lompat tinggi melalui metode bola gantung di
kelas VI SDN No.11 Tengkajau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bola
gantung yang berupaya mendeskripsikan data, fakta dan kecenderungan yang ada, serta melakukan
analisis dan refleksi apa yang seharusnya dilakukan untuk memecahkan masalah. Data peningkatan
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan, siswa yang
memiliki kualitas gerak sangat baik meningkat 34% dari studi awal ke siklus pertama, 13% dari
siklus pertama ke siklus kedua dan 24% dari siklus kedua ke siklus ketiga. Dengan demikian terjadi
peningkatan kemampuan lompat tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sebesar 73% sangat
baik 7% baik dan tidak ada lagi siswa yang memiliki kualitas gerak cukup dan kurang.
Kata Kunci: Metode Bola Gantung, Lompat Tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.