MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 06 NANGA PINOH
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3369Abstract
Keyword : Learning Outcomes, Student Team Achievement Division (STAD) Method
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada materi Kesehatan yaitu Bahaya Pergaulan Bebas.melalui Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pada siswa kelas VIII SMPN 06 Nanga Pinoh, Khususnya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Jumlah siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Nanga Pinoh 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus persentase pembelajaran siswa 17,39 % dan siklus I 30,44 % dengan jumlah siswa yang masuk kategori tuntas adalah sebesar 7 siswa, pada siklus II 91,30 % dengan jumlah siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 24. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus II adalah 13,05 % dan 60,86 %. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan meningkatkan hasil belajar melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) pembelajaraan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, khususnya pada materi bahaya pergaulan bebas pada siswa kelas VIII SMPN 06 Nanga Pinoh.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Student Team Achievement Division (STAD)
References
BNSP. 2006. Ruang Lingkup Penjasorkes. Jakarta: Depdiknas
Hikmawati. (2017) Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo persada
Huda. (2015: 201). Tentang Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Slavin. (2015). Tentang Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jakarta: Kata Pena.
Suhaida, S., Hos, J., & Upe, A. Pergaulan Bebas Di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di Desa Masaloka Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya Kabupaten Bomabana). Neo Societal; Vol. 3; No. 2; 2018 ISSN: 2503-359X; Hal. 425-432
Suherman. (2009: 7). Tujuan Pendidikan Jasmani. Bandung:
CV. Bintang Warli Artika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.