MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 06 NANGA PINOH

Authors

  • Suyatmin Suyatmin
  • Kurnia Dyah Anggorowati

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3369

Abstract

Abstract: This research aims to improve learning outcomes for physical education, sports and health on Health material, namely the Dangers of Promiscuity, through the Student Team Achievement Division (STAD) Method for class VIII students at SMPN 06 Nanga Pinoh, in particular. The form of this research is classroom action research using a cycle model. The cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The number of class VIII students at SMP Negeri 06 Nanga Pinoh is 26 students. Based on research results from pre-cycle, cycle I and cycle II. In the pre-cycle the percentage of student learning was 17.39% and in the first cycle 30.44% with the number of students categorized as complete being 7 students, in the second cycle 91.30% with the number of students categorized as complete being 24. Increase from pre-cycle to cycle I and cycle II were 13.05% and 60.86%. Based on the research results, it can be concluded that there has been an increase in learning outcomes through the Student Team Achievement Division (STAD) method of learning physical education, sports and health, especially regarding the dangers of promiscuity in class VIII students at SMPN 06 Nanga Pinoh.

Keyword : Learning Outcomes, Student Team Achievement Division (STAD) Method

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada materi Kesehatan yaitu Bahaya Pergaulan Bebas.melalui Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pada siswa kelas VIII SMPN 06 Nanga Pinoh, Khususnya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Jumlah siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Nanga Pinoh 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus persentase pembelajaran siswa 17,39 % dan siklus I 30,44 % dengan jumlah siswa yang masuk kategori tuntas adalah sebesar 7 siswa, pada siklus II 91,30 % dengan jumlah siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 24. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus II adalah 13,05 % dan 60,86 %. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan meningkatkan hasil belajar melalui  metode Student Team Achievement Division (STAD) pembelajaraan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, khususnya pada materi bahaya pergaulan bebas pada siswa kelas VIII SMPN 06 Nanga Pinoh.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Student Team Achievement Division (STAD)

References

BNSP. 2006. Ruang Lingkup Penjasorkes. Jakarta: Depdiknas

Hikmawati. (2017) Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo persada

Huda. (2015: 201). Tentang Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Slavin. (2015). Tentang Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jakarta: Kata Pena.

Suhaida, S., Hos, J., & Upe, A. Pergaulan Bebas Di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di Desa Masaloka Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya Kabupaten Bomabana). Neo Societal; Vol. 3; No. 2; 2018 ISSN: 2503-359X; Hal. 425-432

Suherman. (2009: 7). Tujuan Pendidikan Jasmani. Bandung:

CV. Bintang Warli Artika.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Suyatmin, S., & Anggorowati, K. D. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 06 NANGA PINOH. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(1), 157–168. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3369

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>