UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR MELEMPAR BOLA MELAMBUNG DALAM PERMAINAN ROUNDERS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA SISWA KELAS V MI WADI SOFIA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3306Abstract
 Abstract: This research aims to improve the basic motion of throwing the ball bouncing in the game of rounders. This research is a Classroom Action (PTK) research with the model used, namely the direct intruction model. The population and sample of this study are 22 Class V students at MI Wadi Sofia. The results of the study showed that the action research was carried out for one cycle with four meetings, each meeting lasted 60 minutes. The data taken by the researcher using instruments in the form of pre test – post test in throwing the ball soared in the game of rounders. Data collection was carried out during learning. The data obtained were analyzed using quantitative descriptive analysis. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the action with the bounce throw drill method as many as 5 times in one cycle with a total of four meetings, turned out to be able to improve the ability to throw the bounce ball in the Rounders game of class V students of MI Wadi Sofia. When the learning process was seen, the ability to throw the ball soared to 100% with an average score of C which means enough.
Keywords: Direct instruction method, basic movements, rounders game.
Abstrak: Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkan gerak dasar melempar bola melambung pada permainan rounders.Penelitianini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model yangdigunakan yaitu Model Pembelajaran langsung (direct intruction). Populasi dan sampelpenelitian ini adalah Siswa – Siswi Kelas V di MI Wadi Sofia yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukan Penelitian tindakan selama satu siklus dengan empat kali pertemuan, setiap pertemuan selama 60 menit. Data yang diambil oleh peneliti dengan menggunakan instrumen berupa pre test – post test dalam lemparan bola melambung permainan rounders. Pengambilan data dilakukan saat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan metode drill lemparan melambung sebanyak 5 kali dalam satu siklus dengan keseluruhan empat kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan kemampuan lemparan bola melambung pada permainan Rounders siswa kelas V MI Wadi Sofia. Saat proses pembelajaran terlihat meningkatnya kemampuan melempar bola melambung peserta didik mencapai 100% dengan rata – rata mendapatkan nilai C yang berarti cukup.
Kata Kunci:Metode direct intruction, Gerak Dasar, Permainan Rounders.
Abstract: This research aims to improve the basic motion of throwing the ball bouncing in the game of rounders. This research is a Classroom Action (PTK) research with the model used, namely the direct intruction model. The population and sample of this study are 22 Class V students at MI Wadi Sofia. The results of the study showed that the action research was carried out for one cycle with four meetings, each meeting lasted 60 minutes. The data taken by the researcher using instruments in the form of pre test – post test in throwing the ball soared in the game of rounders. Data collection was carried out during learning. The data obtained were analyzed using quantitative descriptive analysis. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the action with the bounce throw drill method as many as 5 times in one cycle with a total of four meetings, turned out to be able to improve the ability to throw the bounce ball in the Rounders game of class V students of MI Wadi Sofia. When the learning process was seen, the ability to throw the ball soared to 100% with an average score of C which means enough.
Keywords: Direct instruction method, basic movements, rounders game.
Abstrak: Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkan gerak dasar melempar bola melambung pada permainan rounders.Penelitianini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model yangdigunakan yaitu Model Pembelajaran langsung (direct intruction). Populasi dan sampelpenelitian ini adalah Siswa – Siswi Kelas V di MI Wadi Sofia yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukan Penelitian tindakan selama satu siklus dengan empat kali pertemuan, setiap pertemuan selama 60 menit. Data yang diambil oleh peneliti dengan menggunakan instrumen berupa pre test – post test dalam lemparan bola melambung permainan rounders. Pengambilan data dilakukan saat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan metode drill lemparan melambung sebanyak 5 kali dalam satu siklus dengan keseluruhan empat kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan kemampuan lemparan bola melambung pada permainan Rounders siswa kelas V MI Wadi Sofia. Saat proses pembelajaran terlihat meningkatnya kemampuan melempar bola melambung peserta didik mencapai 100% dengan rata – rata mendapatkan nilai C yang berarti cukup.Kata Kunci:Metode direct intruction, Gerak Dasar, Permainan Rounders.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ardani, M. K. (2024). “kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran penjas materi bola besar dan bola kecil menggunakan media kartu permainan untuk kelas x (fase e) i di sman 11 muaro jambi†(Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Fakhri, M. M., Hidayat, A., Surianto, D. F., Isma, A., & Setialaksana, W. (2023). Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru SDN 1 Centre Patalassang Di Kabupaten Takalar. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-6.
Firman, W., & Anhusadar, L. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 28-37.
Adityatama, F (2022) Power Point Evaluasi Pembelajaran PJKR. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Madya, S. (2007). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Alfabeta.
Megayani, T (2023). “Aktivitas Pola Gerak Dasar dalam Permainan Roundersâ€Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD,Pendidikan Dasar,dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kebudayaan, 2023
Nindias, A. M., & Rahman, H. A. (2019). Pemahaman guru pjok sekolah dasar tentang permainan rounders dalam pembelajaran pjok di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. PGSD Penjaskes, 8(5).
Nugroho, A. T. (2018). Keterampilan Dasar Bermain Rounders Siswa Kelas V Di Sd Negeri Minomartani 2 Sleman Tahun Ajaran 2018. Pgsd Penjaskes, 7(3).
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., ... & Aini, K. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.
Safitri, D. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 Pada Pembelajaran PJOK Terhadap Materi Memukul Bola Kasti Melalui Teknik Bola Berayun di SDN 16 Pulau Punjung Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 4(3), 127-137.
Utama, M. I. B. (2021). Perbandingan Pengaruh Permainan Baseball dengan Permainan Kippers Terhadap Kesegaran Jasmani Murid SD. Indonesian Journal of Physical Activity, 1(1), 23-34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut: 1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini. 2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini. 3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.



