PENERAPAN PERMAINAN BOLA VOLY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUL ILMI

Authors

  • Kurnia Dyah Anggorowati
  • Suyatmin Suyatmin
  • Mega Mustika

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i2.2523

Abstract

Abstract: The aim of this research is to increase the learning motivation of fifth grade students at Madrasah Ibtidaiyah Darul Ilmi. The method used in this research is Classroom Action Research (PTK) which consists of 2 cycles in its implementation. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research were 17 students, while the object was to increase students' learning motivation by implementing the game of volleyball. The results of this research were that in cycle I the average score was 57.12 and in cycle II the average score was 75.56, resulting in an increase from cycle I to cycle II of 14.44. The conclusion of this research is that students' learning motivation increases, this is indicated by increased learning motivation after being given a volleyball game.

Keywords: Volleyball game, learning motivation

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Ilmi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dalam pelaksanaannya. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 17 orang siswa, sedangkan objeknya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan permainan bola voli. Hasil dari penelitian ini adalah siklus I rata-rata perolehan nilai sebesar 57,12 dan siklus II rata-rata perolehan nilai sebesar 75,56 sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,44. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa meningkat, hal ini ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar sesudah diberikan permainan bola voli.

Kata Kunci: Permainan Bola voli, motivasi belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustina (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas iv sdn Tarumanegara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1).

Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Ekonomi Siswa Sama Negeri Di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewiraausahaan.

Mafirah, S. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Khairun. Journal Of Language, Literaure, and Linguistics.

Purwanto, M.N. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar

Santoso, D.T. (2016). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dan Solusi Penanganan Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Sepeta Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomatif Edisi XII,2.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Rosda Karya

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Anggorowati, K. D., Suyatmin, S., & Mustika, M. (2024). PENERAPAN PERMAINAN BOLA VOLY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUL ILMI. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 11(2), 227–231. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i2.2523

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>