PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAME TERHADAP AKURASI PASSING MENDATAR SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 4 CIAWIGEBANG
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i2.2474Abstract
Abstract: The research aims to determine the effect of small sided games training on icreasing horizontal passing accuracy. The research methodology used “one group pretest-posttest design†and the samples are sixteen students of football exstracurricular SMP Negeri 4 Ciawigebang. The test instrument used in this research was a face-to-face passing test over two stakes and the data was analyzed using the SPSS 26 program. The results of the study showed that small sided games training had an influence on passing ability, this can be seen from the average posttest result of 7.44 which was higher. from the results, the average pretest result is 5.23 and the significance value is 0.000 ˂ 0.05. Based on the difference in average results (mean difference) from the pretest and posttest, it can be seen that the percentage increase in horizontal passing accuracy for football extracurriculer students at SMP Negeri 4 Ciawigebang is 45%. This means that there is an influence of small sided games training on the ability of passing accuracy in students who take part in football extracurricular at SMP Negeri 4 Ciawigebang.
Â
Keywords: Small sided games, horizontal passing accuracy.
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan akurasi passing mendatar. Desain penelitian yang digunakan adalah “one group pretest-posttest design†dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri 4 Ciawigebang dengan jumlah 16 siswa. Instrument tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes passing berhadapan melewati dua buah tiang pancang dan data dianalisis menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan small sided games memiliki pengaruh terhadap kemampuan passing, hal ini dapat dilihat dari ratarata hasil posttest sebesar 7.44 lebih tinggi dari hasil rata-rata hasil pretest sebesar 5.23 dan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Berdasarkan perbedaan hasil rata-rata (mean difference) dari pretest dan posttest maka dapat diketahui besarnya persentase peningkatan akurasi passing mendatar siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 4 Ciawigebang sebesar 45%. Artinya ada pengaruh latihan small sided games terhadap kemampuan akurasi passing pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di SMP Negeri 4 Ciawigebang.
Â
Kata kunci: Small sided games, akurasi passing mendatar.References
DAFTARPUSTAKA
Abdullah, F., & Mongsidi, W. (n.d.). PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES (SSG) TERHADAP KETERAMPILAN PASSING DAN STOPPING BALL SISWA SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) REKMINERS KENDARI.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian; suatu pendekatan praktik. (Edisi revisi) Jakarta: Rineka Cipta.
Erliana, M., & Arisman, A. (2017). Pengaruh Latihan E-Movement Cone Drill Terhadap Kelincahan Pemain Futsal Smpn 3 Banjarbaru. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 136–142. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4250
Festiawan, R., Nurcahyo, J., & Pamungkas, H. J. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Kemampuan Long Pass pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola. In Media Ilmu Keolahragaan Indonesia (Vol. 9). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/mikiTerakreditasiSINTA4
Intan Pratiwi, S., Kristen Satya Wacana, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Irfan, M., Yenes, R., Irawan, R., Oktavianus, I., Pendidikan, P. S., Olahraga, K., & Keolahragaan, I. (2020). KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA. Jurnal Patriot, 2(3).
Irianto, S. (2010). Pengembangan tes kecakapan david lee untuk sekolah sepakbola (SSB) kelompok umur 14-15 tahun. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Kuswoyo, D. D., Wasa, C., & Dongoran, M. F. (2020). Pengaruh latihan back-up terhadap kemampuan menyundul bola. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 33–41. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5190
Luxbacher, J.A. (2004). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula sepakbola. Yogyakarta: UNY Press.
Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Mielke, D. (2007). Dasar-dasar sepakbola. Jakarta: PT. Intan Sejati.
Oleh: Yunyun Yudiana, Herman Subardjah, dan Tite Juliantine FPOK-UPI. (n.d.).
Pendidikan, J., Olahraga, J., & Kesehatan, D. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL MATERI PASSING SEPAKBOLA MATA PELAJARAN PJOKUNTUK KELAS X SMA/SMK (Vol. 8, Issue 3).
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, J., Audi Yahya, I., & Syamsul Arifin, ad. (2022). GYMNASIA: Pengaruh Latihan Small Side Game terhadap Ketepatan Passing pada Siswa Peserta Ekstrakulikuleh Sepak Bola MTS AL Amin Pakis (Vol. 1). http://jurnal.anfa.co.id/index.php/PJKR
Sani Rahman, K., Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, P., & Ilmu Keolahragaan, F. (n.d.). TINJAUAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SEPAK BOLA. Tahun, 2(2).
Sepak Bola, S. (n.d.). Design by Yuas and R2 Bramistra SEPAK BOLA.
Septiadi, G. (2015). Pengaruh metode latihan small sided game dan metode latihan passing drill terhadap keterampilan teknik dasar passing siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP negeri 3 Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Sugiyono, D 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2015). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, N., & Lismadiana, L. (2016). Manajemen program latihan sekolah sepakbola (SSB) GAMA Yogyakarta. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 98. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8133
US Youth Soccer. (2014). Small sided games manual. US Youth Soccer.
htpp//www.usyouthsoccer.org/coaches/coachesconnection/index/E_.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut: 1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini. 2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini. 3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.



