Dampak Latihan Agility Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Pemain Sepak Bola
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i1.1877Abstract
Abstract: The aim of this research is to determine the impact of agility training on improving soccer players' dribbling skills. This research uses an experimental method with a research design using a one group pretest - posttest design. The sampling technique uses purposive sampling. Participants in this research activity were 30 Bina Putra Jatibarang football school (SSB) students. The test instrument used in this research was a test of dribbling skills in a soccer game. The results of the data processing and analysis that have been carried out have resulted in the conclusion that agility training has a significant impact on improving the dribbling skills of soccer players. The results of this research can be used as a reference used in efforts to develop, maintain and provide significant training in an effort to improve dribbling skills in the game of soccer.
Keywords: agility; dribbling; soccer.
Â
Â
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak latihan agility terhadap peningkatan keterampilan dribbling pemain sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian mengunakan one groups pretest - posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Partisipan dalam kegiatan penelitian ini adalah siswa sekolah sepak bola (SSB) Bina Putra Jatibarang sebanyak 30 pemain. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengunakan tes keterampilan dribbling dalam permainan sepak bola. Hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan, mendapatkan hasil dan kesimpulan bahwa latihan agility memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan dribbling pemain sepak bola. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan yang digunakan dalam upaya mengembangkan, menjaga, serta memberikan pelatihan yang signifikan dalam upaya meningkatkan keterampilan dribbling dalam permainan sepak bola.
Kata Kunci: agility; dribbling; sepak bolaReferences
DAFTAR PUSTAKA
Daniel, L. F., Reina, R., Gorla, J. I., Bastos, T., & Roldan, A. (2020). Validity And Reliability Of A Test Battery To Assess Change Of Directions With Ball Dribbling In Para-Footballers With Cerebral Palsy. Brain Sciences, 10(2). https://doi.org/10.3390/brainsci10020074
Danurwindo, Putera, G., & Sidik, B. (2017). Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia. Jakarta: Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia.
Ginanjar, A. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlaltul Ulama Indramayu.
Giriwijoyo, H. Y. S. S., & Sidik, D. Z. (2016). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Milanović, Z., Sporiš, G., Trajković, N., James, N., & Šamija, K. (2013). Effects Of A 12 Week SAQ Training Programme On Agility With And Without The Ball Among Young. Journal of Sports Science and Medicine, 12(1), 97–103. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3761749/
Mubarok, M. Z. (2018). Pengaruh Metode Latihan Interval Dan Kemampuan Agility Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Permainan Sepak Bola. Jurnal Maenpo, 8(2), 9–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jm.v8i2.924
Mubarok, M. Z. (2019a). Belajar dan Mahir Bermain Sepak Bola. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlaltul Ulama Indramayu.
Mubarok, M. Z. (2019b). Pengaruh Latihan Small Sided Games Mengunakan Metode Interval Terhadap Peningkatan Dribbling Pemain Sepakbola. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(02), 144–149. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i02.513
Mubarok, M. Z. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Tes Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 50–56. Retrieved from http://ejournal.stkipnu.ac.id/public_html/ejournal/index.php/jkjo/article/view/153
Mubarok, M. Z., & Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Pemain Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 28. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1381
Sari, Y., Sidik, D. Z., & Komarudin, K. (2019). The Application of High Intensity Interval Training (HIIT) Method to the Increase of Aerobic Ability of Female Futsal Players. 11(ICSSHPE 2018), 20–22. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.6
Sidik, D. Z., Pesurnay, P. L., & Afari, L. (2019). Pelatihan Kondisi Fisik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sporis, G., Jukic, I., Milanovic, L., & Vucetic, V. (2014). Reliability And Factorial Validity Of Agility Tests For Soccer Players. Journal of Strength and Conditioning Research, 24(3), 679–686. https://doi.org/JSC.0b013e3181c4d324
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistio, D., Sugiyanto, S., & Defliyanto, D. (2019). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Passing, Dribbling, Dan Shooting Pada Pemain Sepak Bola Ssb Putra U 10-12 Tahun Di Kabupaten Kaur. Kinestetik, 3(2), 241–248. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8997
Tabata, I., Nishimura, K., Kouzaki, M., Hirai, Y., Ogita, F., Miyachi, M., & Yamamoto, K. (1996). Effects Of Moderate-Intensity Endurance And High-Intensity Intermittent Training On Anaerobic Capacity And VO(2max). Medicine and Science in Sports and Exercise, 28(10), 1327–1330. https://doi.org/10.1097/00005768-199610000-00018
Taga, K., & Asai, T. (2014). The Influence Of Short-Term Intensive Dribbling Training On Ball Skill. Football Science, 9, 35–49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.