IMPLEMENTASI METODE SARISWARA DALAM PENTAS SENI GEDRUK SEMBADA UNTUK MENUMBUHKAN PROFIL BERKEBHINEKAAN GLOBAL
Abstract
Abstract: this study aims to describe the implementation of the sariswara method in the Gedruk Sembada Performance to grow the profile of Pancasila students with global diversity. This research method is descriptive qualitative. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses triangulation from the results of interviews, observations and documentation. The subjects in this study were three grade 5 (five) students and four grade 6 (six) students for the 2022/2023 academic year at SDN Sariharjo. The results of this study indicate that the implementation of the sariswara method in the Gedruk Sembada Performance is carried out through syntax (1) defining basic questions/problems; (2) design a project plan; (3) set the schedule; (4) monitor student and project progress; (5) assess the results; (6) evaluate experiences and reflections. The results of the research Government policy in creating an independent curriculum proved to be effective in tackling potential learning loss and learning gaps and restoring student character through the Galang Scout Contest
Keywords: Sariswara, Gedruk Sembada, Global Diversity
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi metode sariswara dalam Pentas Gedruk Sembada untuk menumbuhkan profil pelajar Pancasila berkebhinekaan global. (2) Menganalisis efektivitas hasil implementasi metode sariswara dalam Pentas Gedruk Sembada untuk menumbuhkan profil pelajar Pancasila berkebhinekaan global. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas 5 (lima) dan empat siswa kelas 6 (enam) tahun pelajaran 2022/2023 di SDN Sariharjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode sariswara dalam Pentas Gedruk Sembada ditempuh melalui sintaks (a) mendefinisikan pertanyaan/masalah dasar; (b) merancang rencana proyek; (c) mengatur jadwal; (d) memantau kemajuan siswa serta proyek; (e) menilai hasil; (f) mengevaluasi pengalaman dan refleksi. (2) Hasil implementasi metode sariswara dalam Pentas Gedruk Sembada dinilai efektif dan mampu menumbuhkan profil pelajar Pancasila berkebhinekaan global. Hasil penelitian Kebijakan pemerintah dalam melahirkan kurikulum merdeka terbukti efektif dalam menanggulangi potensi learning loss dan learning gap serta memulihkan karakter siswa melalui Lomba Galang Pramuka
Kata Kunci: Sariswara, Gedruk Sembada, Berkebhinekaan Global
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Ardhyantama, V. (2020). Creativity Development Based on the Ideas of Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i1.1502
Atikasari, G., Agoestanto, A., & Winanti, K. (2018). Meningkatkan berpikir kreatif matematis dan kerjasama melalui model pembelajaran kooperatif strategi TTW berbantuan kartu soal materi trigonometri SMAN 5 Semarang. Prisma, 1, 601–607.
Dewantara, Ki Hajar. (2013a). Pemikiran, konsepsi, keteladanan, sikap merdeka (I) pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa.
Dewantara, Ki Hadjar. (1962), Bagian I Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila Dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD UNDIKSHA, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
Malfani, W., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL)Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 703–717. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2
Nainggolan, O. T. P., Ismudiati, E., & Manek, B. A. (2021). Konsep Metode Sariswara Ditinjau Dari Pendidikan Musik Dalam Upaya Pengembangan Kurikulum Pendidikan Musik Berbasis Kebudayaan Nasional Indonesia. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 5(2), 150–163. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gondang.v5i2.28290
Nasution, S. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu Di Kelas Ii Sd Negeri 182/1 Hutan Lindung. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 143–154. https://doi.org/10.51878/science.v1i2.449
Nurmawati, A. D., Nisa, A. F., Rosianawati, A., Artopo, B., Ashar, R., Erva, L., & Bestiana, N. (2022). Implementasi Ajaran Tamansiswa “Tri Nga” Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1366–1372. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11832
Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-ruzz Media.
Puspitasari, N. I., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik melalui Penerapan Model Group Investigation. Bio-Pedagogi, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i1.35544
Ravyansah, & Abdillah, F. (2021). Tracing ’ Profil Pelajar Pancasila ’ Within The Civic Education Textbook : Mapping Values For Adequacy. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 96–105. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.5906 Tracing
Roisaningrum, T. A., Artharina, F. P., & Rofian, R. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dalam Membentuk Karakter Kerjasama Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kluwan Penawangan. Jurnal Dwijaloka, II(1), 128–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1586
Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.67613
Saktimulya, S. R., Nugroho, A., & Raharja, R. B. S. (2019). Implementasi Metode Sariswara Karya Ki Hadjar Dewantara pada Sekolah Dasar di Kecamatan Mergangsan Yogyakarta. Bakti Budaya, 2(1), 3–12. https://jurnal.ugm.ac.id/bakti/article/download/45026/pdf
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Shandy, H. D. A., & Trilisiana, N. (2020). Implementasi Metode Sariswara Ki Hadjar Dewantara dalam Membangun Kemerdekaan Jiwa Individu Anak. Jurnal EPISTEMA, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32323
Susanto, Moh. Rusnoto dan Retnaningsih, Rahayu. (2018). Melacak Pemikiran Avant Garde Ki Hadjar Dewantara Melalui Konsep Pendidikan Nasional Sebagai Fenomena Quantum Leap Dalam Perspektif Filsafat Organisme, Seminar Nasional ‘Peningkatan Kwalitas Pendidikan Tinggi, Dasar, dan Menengah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Jogjakarta, 28 April 2018.
Susanto, Moh. Rusnoto. (2015) Kontekstualitas Pilar-Pilar Pemikiran Pendidikan, Konsep Kebudayaan, dan Ideologi Politik Ki Hadjar Dewantaradi Era Globalisasi, (naskah disampaikan pada Rapat Kerja Nasional Persatuan tamansiswa di Grand Cempaka Hotel Jakarta, 13-14 Januari 2015), Jakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Susilawati, E., Sarifuddin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–167. https://doi.org/https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan, 2, 541–552. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147
DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.935
Article Metrics
Abstract view : 58 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 30 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact:
Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com
STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi
__________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.