PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.851Abstract
Abstract: Based on observations at SD Negeri 185 Palembang, students are less interested in social studies material, especially in the material of Indonesian Geographical characteristics. This is evidenced by the average score in Theme 1 of 64.16 where the completeness score is 65. In accordance with the 2013 curriculum, teachers must be more creative in developing materials. One of the materials that will be developed is the material on Indonesian Geographical characteristics in class V using Adobe Flash-based learning media. So the purpose of this study is to determine the stages, validity, and development of learning media based on Adobe Flash on the material of Indonesia's geographical characteristics. The method in this study is a research and development method using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of this study, development of learning media based on Adobe Flash on the material of Indonesia's geographical characteristics obtained the "very valid" and "very feasible" criteria.
Â
Keywords: development, Adobe Flash, Indonesia’s geographical
Â
Abstrak: Berdasarkan observasi di SD Negeri 185 Palembang, para siswa kurang tertarik dengan materi IPS, khususnya pada Karakteristik Geografis Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada Tema 1 sebesar 64,16, dimana nilai ketuntasannya adalah 65. Sesuai dengan kurikulum 2013, guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan materi pembelajaran. Salah satu materi yang akan dikembangkan adalah materi Karakteristik Geografis Indonesia di kelas V dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan, validitas, dan pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada materi Karakteristik Geografis Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan metode pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dari hasil penelitian ini, media pembelajaran berbasis Adobe Flash memperoleh kriteria “sangat valid†dan “sangat layakâ€.
Â
Kata Kunci: pengembangan, Adobe Flash, geografis Indonesia
References
Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Agustus, 2(3), 224–229.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2).
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1).
Kasdriyanto, D. Y., & Wardana, L. A. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Picture And Picture Berorientasi Wawasan Kebangsaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Kusumaningrum, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Profesional CS6 Untuk Kelas V Mata Pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana. Kalam Cendekia, 6(9–10).
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1).
Mana, S., Saneba, B., & Palimbong, A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnaal Kreatif Tadulako Online, 3(3).
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2).
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3).
Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran [Google Book]. Dalam Prenada Media Group.
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Dalam Alfabeta, Bandung.
Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018). Idealisasi Ideologi Pancasila untuk Pencegahan Radikalisme melalui Aktivitas Bela Negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12).
Salam, A. J. (2014). Jejak Integrasi Indonesia Dari Kilometer Nol: Melacak Akar Budaya Nasional Bangsa. LEGITIMASI: Jurnal Hukum Pidana Dan Politik Hukum, 3(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Research & Development. Dalam 18 februari 2019.
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi dan R&D. Dalam Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Dalam Bandung:Alfabeta.
Ubaidillah, U. (2019). Model Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Bagi Anak Usia Dini Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. JCE (Journal of Childhood Education), 2(2).