Pengembangan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Virtual Field Trip Berbasis ESD Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.758Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi perangkat pembelajaran virtual field trip berbasis ESD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan produk dengan pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Data hasil observasi dan wawancara menjadi bahan studi pendahuluan untuk mengetahui ketersediaan perangkat pembelajaran di sekolah dasar. Proses FGD dilaksanakan oleh tim pengembang yang terdiri dari 4 orang dan 2 orang tim ahli. Melalui proses FGD yang dihasilkan kesepakatan tim untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran field trip virtual berbasis ESD, yang berisi berbagai perangkat pembelajaran yaitu Video VFT, E-LKPD, E-Modul, E-Soal dan Materi Tambahan.Dari hasil pengembangan aplikasi perangkat pembelajaran ditujukan untuk mendukung pembelajaran mandiri peserta didik.
Downloads
Published
2023-06-24
How to Cite
Ejah Siti Hodijah, E. S., Ghullam Hamdu, G. H., & Asep Nuryadin, A. N. (2023). Pengembangan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Virtual Field Trip Berbasis ESD Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(1), 48–60. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.758
Issue
Section
Artikel
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.  Â