PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Authors

  • Maulida Fajar Suryana Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Badarudin Badarudin
  • Padlurrahman Padlurrahman

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.665

Abstract

Abstract: This study aims to develop Student Activity Sheet HOTS-based an
valid and effective for thematic learning for class V. The method used
research and development with the ADDIE-style. Product validity was
assessed using a questionnaire instrument with a Likert scale, while the
effectiveness of the HOTS-based LKPD product used a test instrument. Data
analysis used descriptive quantitative with scoring method and percentage
score. LKPD products assessed by material, language, and media design
experts . LKPD products are assessed by material, language, and media design
experts. Based on expert judgment, the product is considered valid and worth
testing are valid and worthy of trial. From the results of student tests, it was
shown that the LKPD product was very effective in learning.

Keywords: HOTS, LKPD, Developement

Abstrak: Penelitian ini bertujuan utuk megembangkan Lembar Kegiatan
Peserta Didik berbasis HOTS yang valid dan efektif pada pembelajaran
tematik kelas V. Metode yang digunakan adalah metode riset dan
pengembangan bermodel ADDIE. Validitas produk dinilai dengan instrument
angket dengan sekala likert, sedangkan efektifitas produk LKPD berbasis
HOTS menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan kuantitatif
deskriptif dengan metode pensekoran dan prosentase skor. Produk LKPD
dinilai para ahli materi, bahasa, dan ahli desain media. Berdasarkan penilaian
ahli, produk dianggap valid dan layak diujicobakan. Dari hasil tes siswa
menunjukkan produk LKPD sangat efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: HOTS, LKPD, Pengembangan

 

References

Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sentul 1. Wahana Sekolah Dasar; Vol 27, No 2 (2019), 27(2), 2935.

http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/12471/5314

Ariyana, Y., Setiawati, W., Asmira, O., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thingking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Byrnes, J. P. (2008). Piaget’s cognitive-developmental theory. Encyclopedia of infant and early childhood development, 87, 543-552.

Degeng, I. N. S. (2007). Strategi Pembelajaran: Desain dan Pengembangan Buku Ajar. Jember: PSBB STAIN Jember.

Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Fitria, R., & Suparman, S. (2019). Telaah Kebutuhan E-LKPD Penunjang Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. PROSIDING SENDIKA, 5(1).

Lorenza, A., Mahluddin, M., & Mukminin, A. (2021). Pengembangan Lembar kegiatan peserta didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Proyek Pada Tematik Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Marwan, P., Usman, N., Suratmi, Sm, vina amalia, & Harini, B. (2013). LKPD Pada Pembelajaran Tematik K13. Jurnal Unsri, 29–36.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212-221.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.

Reigeluth, C. M., & Merrill, M. D. (1978). A knowledge base for improving our methods of instruction. Educational Psychologist, 13(1), 57-70.

Reigeluth, C., & Stein, R. (1983). Elaboration theory. Instructional-design theories and models: An overview of their current status (1983), 335-381.

Santyasa, I. wayan. (2018). Student Centered Learning : Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 Untuk Menyiapkan Guru Profesional. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, xix–xxxii.

Schunk, D. H. (2012). Teori-teori pembelajaran: perspektif pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sucipto. (2017). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, 2 no 1, 63–71.

Sugiyono, S. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, N., & Deviana, T. (2021). Pengembangan LKPD Matematika HOTS (Higher of Order Thinking Skills) Berorientasi Kearifan Lokal Daerah untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 304–312. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1722

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Deepublish.

Widodo, S. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Saintifik. Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 52–69.

Published

2023-06-26

How to Cite

Suryana, M. F., Badarudin, B., & Padlurrahman, P. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(1), 96–107. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.665

Issue

Section

Artikel

Citation Check