PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD

Lidya Octaliani, Reinita Reinita

Abstract


Abstract: This study aims to develop interactive PowerPoint media through the Problem Based Learning (PBL) model in thematic learning in class IV SD Negeri 11 Ampang. This research is a development research (R&D) that uses the ADDIE model in its development and the PBL model in the process of implementing the learning. This research was conducted to determine the level of validity and practicality of the developed media. The researcher concluded that the media developed was feasible to use with a level of validity reaching 92.58% and a level of practicality reaching 95.8% in the very practical category and presentation of practicality by students reaching 93.51% in the very practical category.

 

Keywords: Media Development, Interactive PowerPoint, Thematic, Problem Based Learning Model.

 

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint interaktif melalui model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 11 Ampang. Peenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE dalam pengembangannya dan model PBL dalam proses pelaksanaan pembelajarannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media yang dikembangkan. Peneliti menyimpulkan bahwa media yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan dengan presentase tingkat kevalidan mencapai 92,58% dan tingkat presentase kepraktisan oleh guru mencapai 95,8% dengan kategori sangat praktis dan presentase kepraktisan oleh peserta didik mencapai 93,51% dengan kategori sangat praktis.

 

Kata Kunci: Pengembangan media, PowerPoint interaktif, tematik, Model PBL.


References


Andriani, M. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 143–157.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. McGraw-Hill Companies.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Dewi, R. S., & Aini, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 162–171.

Habib, S., & Ira, R. J. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENGUKURAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 126/VI MUARA JERNIH II. Universitas Bung Hatta.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Reinita, R. (2020a). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13–24.

Reinita, R. (2020b). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96.

Reinita, R. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1).

Reinita, R., Waldi, A., Putri, M. E., & Setyaningsih, T. (2020). Pelatihan Media Berbasis Adobe Flash Cs6 Dengan Pendekatan Value Clarification Technique Reportase Di Sekolah Dasar. Jurnal Penerapan IPTEKS, 2(1), 61–68.

Rosidah, C. T., Amelia Widya Hanindita, Ida Sulistyawati, & Apri Irianto. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Kanigara, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3154

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.

Sholikhah, O. H. (2020). POWERPOINT INTERAKTIF TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 2.

Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118–123.

Syavira, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.597

Article Metrics

Abstract view : 756 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 296 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.