PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKn SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aprillia Maharani Susepi
  • Lukman Hakim
  • Mega Prasrihamni

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran PKn sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, angket dan tes hasil. Dari hasil validasi ahli diperoleh rata-rata hasil penilaian sebesar 93,66 % dengan kategori sangat valid. Dari hasil angket guru diperoleh rata-rata hasil penilaian sebesar 93,3 % dan hasil angket siswa diperoleh rata-rata hasil penilaian sebesar 100 % sehingga dapat dinyatakan sangat praktis. Pada uji coba lapangan diukur keefektifan LKPD sebesar 60% dengan kategori tinggi sehingga dapat dinyatakan efektif dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa LKPD berbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran PKn sekolah dasar yang dikembangkan sudah tergolong LKPD yang valid, praktis, dan efektif.

References

Kelana, B. (2019). Bahan Ajar Ipa Berbasis Literasi Sains. Bandung: LEKKAS.

Kesuma, D. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kurnia T, d. (2019). Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 516-525.

M, Kurniawan. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 37-45.

Mulyasa, H. E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu (Teori & Praktik Terbaik Di Sekolah). Bandung: PT. Reflika Aditama.

Nana, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurbaiti & Theresia, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Strategi Think, Talk, Write (Ttw) Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 448.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sa'odah, d. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi dan Sains, 313-324.

Septiwiyati, d. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdour Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 172-181.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Published

2023-06-26

How to Cite

Susepi, A. M., Hakim, L., & Prasrihamni, M. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKn SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(1), 82–95. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.560

Issue

Section

Artikel

Citation Check