MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS 4 DI SDN GORDA 1

Sulisti Nurfatimah, Ana Nurhasanah, Lukman Nulhakim

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar, upaya guru dalam meninngkatkan minat belajar siswa danmelihat bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran daring kelas 4.  penelitian ini merupakan penelitian ini dilaksanakan di SDN Gorda 1 yang terletak di Cikande Serang, Mulai dari pada bulan April 2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini  bahwasannya faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar seperti peran orang tua, peran guru, sarana prasarana, dan metode strategi sudah cukup baik dilakukan. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa sangat besar dengan memotivasi dan memberikan apresiasi kepada siswa. Dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring di SDN Gorda 1 sangat baik dilihat dari perhatian siswa, kesukaan siswa, kesukaan siswa dan ketertarikan siswa.


References


Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Cetakan ke 17. Bandung. Alfabeta.

J. Meleong. L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Posdakara

Meda Yuliani, dkk. (2020) Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Cetakan pertama. Medan. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.493

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.