PERSEPSI SISWA KELAS V SD TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Sumarli Sumarli, Nurhayati Nurhayati, Marantika Marantika

Abstract


Abstract: This study aims to describe the perceptions of fifth grade elementary school students towards online learning during the COVID-19 pandemic and the factors that influence it. This study used a qualitative research method. The subjects of this study were 23 students of class V-A SD Negeri 1 Singkawang and 3 students were selected to be interviewed consisting of 1 student with high perception category, 1 student with medium perception category, and 1 student with low perception category. Data collection techniques used student perception questionnaires, interviews, and documentation. The data analysis technique used the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that students' perceptions on the absorbing indicators that students were able to accept the teaching materials delivered, very easy to interact with fellow students and teachers, and feel comfortable in the learning environment. Students' perceptions on the understanding indicator that students were able to understand the teaching materials that are conveyed and there were also students who understand the lesson only partially, quite easy to interact with fellow students and teachers, and feel comfortable in the learning environment. The factors that supports fifth grade elementary school students in carrying out online learning during the COVID-19 pandemic were that students have facilities to do online learning, such as the availability of mobile phones and textbooks as instructions for students to do assignments. However, the inhibiting factors were network connections that are not smooth, students do not understand how to use media, and students are less enthusiastic about learning.

Keywords: Students' Perceptions, Online Learning, The Covid-19 Pandemic

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas V SD terhadap pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas V-A SD Negeri 1 Singkawang dan dipilih 3 siswa untuk diwawancarai yang terdiri dari 1 siswa dengan kategori persepsi tinggi, 1 siswa dengan kategori persepsi sedang, dan 1 siswa dengan kategori persepsi rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket persepsi siswa, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa pada indikator menyerap dikatakan bahwa siswa mampu menerima bahan ajar yang disampaikan, sangat mudah berinteraksi sesama siswa maupun guru, dan merasa nyaman pada lingkungan belajar. Persepsi siswa pada indikator memahami dikatakan bahwa siswa mampu memahami bahan ajar yang di sampaikan dan juga ada siswa yang memahami pelajaran hanya sebagian saja, cukup mudah berinteraksi sesama siswa maupun guru, dan merasa nyaman pada lingkungan belajar. Faktor yang mendukung siswa kelas V SD dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 adalah siswa memiliki fasilitas untuk melakukan pembelajaran daring, seperti tersedianya handphone dan buku pelajaran sebagai petunjuk siswa mengerjakan tugas. Namun faktor penghambatnya adalah koneksi jaringan yang kurang lancar, siswa kurang mengerti menggunakan media, dan siswa kurang semangat belajar.

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

 


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, C. W. (2018). Promoting Education 4.0 in English for Survival Class: What are the Challenges? Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(1), 12-24. https://doi.org/10.31002/metathesis.v2i1.676

Briando, B., & Zuriati, S. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat Tanjungpinang. Dari situs https://www.researchgate.net/publication/342330009 (diakses tanggal 28 agustus 2020 pukul 11.15)

Dewi., W.A.F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Dari situs https://edukatif.org/index.php/edukatif/index (diakses tanggal 28 agustus 2020 pukul 11.15)

Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Bali (2020). Waspadai Covid-19, Kenali Penyebabnya dan Lakukan Pencegahannya. Dikutip dari https://www.diskes.baliprov.go.id/waspadai-coronavirus-covid-19-kenali-penyebabnya-dan-lakukan-pencegahannya/

Fortune, M. ., Spielman, M., & Pangelinan, D. . (2011). Student;s Perception of Online or Face to face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.

Herinda, E. A. (2017). Hubungan Persepsi Siswa dan Sikap Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKN di SD Negeri Tegalrejo 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Husna, N., Nurhayati. (2018). Pengembangan Pembelajaran Scientific Berbasis Multirepresentasi Untuk Menunjang Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 74-80.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Dikutip dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Niko., Wahyuni, R., Nurhayati. (2018). Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang. Jurnal of Educational Review and Research, 1(2),92-99.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Rahmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadikin & Hamidah (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah COVID-19. Dari situs https://online-journal.unja.ac.id/biodik (diakses tanggal 28 agustus 2020 pukul 11.15)

Sari, P. M. & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Jurnal of Educational Review and Research, 2(1),69-76.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Sumarli, S., Murdani, E., & Wijaya, A. K. (2017). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika: Pengujian Jenis Kawat Konduktor Komersial. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 30-34.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Yurianto., Ahmad., & Wibowo, B.K.P. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed.).




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v9i2.492

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.