Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Adiwiyata di MIN 1 Sidoarjo

Authors

  • Qorriaina Faradina Aulya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
  • Munawir Munawir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
  • Nasrul Fuad Erfansyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
  • Yuni Kusronik MIN 1 Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v13i2.4789

Abstract

Abstract: This study aims to explore how Civic Education learning integrated with the Adiwiyata program can foster students’ environmental care character at MIN 1 Sidoarjo. The research is based on the idea that learning should not only introduce values but also involve students directly in activities that relate to their daily lives. A descriptive qualitative method was used, with data collected through observations, worksheets, and student reflections. Throughout the lessons, students took part in activities such as observing their school environment and sorting waste, tailored to their learning styles. The findings show that these activities supported the development of responsibility, collaboration, and environmental awareness among students. The learning process also helped strengthen their understanding of Pancasila values and contributed to the development of the Pancasila Student Profile.

Keywords: environmental care character, Civic Education, Adiwiyata program.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Pancasila yang diintegrasikan dengan program Adiwiyata dapat membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik di MIN 1 Sidoarjo. Penelitian dilatarbelakangi oleh perlunya pembelajaran yang tidak hanya mengenalkan nilai, tetapi juga mengajak peserta didik terlibat langsung dalam kegiatan yang relevan dengan kehidupan mereka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, lembar kerja, dan refleksi peserta didik. Selama pembelajaran, peserta didik mengikuti kegiatan seperti mengamati lingkungan sekolah dan memilah sampah, yang disesuaikan dengan gaya belajar mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa keterlibatan dalam kegiatan tersebut membantu peserta didik membangun sikap tanggung jawab, kerja sama, dan kesadaran terhadap lingkungan. Pembelajaran ini juga memperkuat pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai Pancasila serta mendukung pencapaian elemen dalam Profil Pelajar Pancasila.

Kata Kunci: karakter peduli lingkungan, Pendidikan Pancasila, program Adiwiyata

Downloads

Published

2025-12-04

How to Cite

Faradina Aulya, Q., Munawir, M., Nasrul Fuad Erfansyah, & Kusronik, Y. (2025). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Adiwiyata di MIN 1 Sidoarjo. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 13(2), 274–281. https://doi.org/10.46368/jpd.v13i2.4789

Citation Check