Eksplorasi Tari Capeng Pamekasan sebagai Materi Pembelajaran Seni Budaya Kelas I SDN Kowel 3
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v13i2.4763Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi Tari Capeng sebagai materi pembelajaran seni tari di kelas 1 SDN Kowel 3, Kabupaten Pamekasan. Latar belakang penelitian didasari oleh kebutuhan akan pembelajaran seni tari yang lebih menarik, kontekstual, dan menumbuhkan apresiasi budaya lokal sejak dini. Pembelajaran seni tari di sekolah dasar selama ini masih terbatas pada pengenalan gerakan dasar yang sederhana dengan metode yang cenderung konvensional, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih inovatif. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur dengan guru dan pelaku seni, serta dokumentasi. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai proses eksplorasi tari Capeng, serta kendala dan solusi yang muncul selama proses pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran seni tari yang lebih efektif, kreatif, dan berbasis kearifan lokal, sekaligus mendukung pelestarian budaya melalui pendidikan formal. Selain itu, penelitian ini memperkuat peran pendidikan seni budaya dalam membentuk karakter dan kreativitas siswa sejak dini.
Kata Kunci: Anak sekolah dasar, Eksplorasi, Seni tari
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


