PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Mufih Kurani Haqih, Zerri Rahman Hakim, Reksa Adya Pribadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Multimedia Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran tematik dan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap penggunaan multimedia Interaktif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan prosedur penelitian mengacu pada model 4D dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan di SDN Bojong dengan subjek penelitian siswa kelas IV sejumlah 23 Orang. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) kelayakan multimedia interaktif oleh validasi ahli dan pendidik. Pada validasi materi memperoleh nilai rata-rata 41,7 dan validasi media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 74,3 keduanya termasuk dalam kategori “Sangat layak”, (2) tanggapan siswa terhadap multimedia interaktif pada uji coba perorangan memperoleh rata-rata persentase sebesar 91% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan pada uji coba lapangan kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase sebesar 93% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk Multimedia Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline sudah layak digunakan dan mendapatkan respon yang baik dari pengguna untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran tematik.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Software Articulate Storyline, Pembelajaran Tematik, Kelas IV SD


References


Akbar, S.,dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Darnawati, dkk. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. JPKM. 1(1). 8-16.

Daryato, dkk. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media.

Fatia, I.,dkk. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada pembelajaran faktor dan kelipatan suatu bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. JoBES. 3(2). 503-511.

Febriansyah, M.F. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline untuk siswa kelas V. Jakarta : Skripsi - Universitas Negeri Jakarta.

Fitriyah, N.R.,dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Adroid menggunakan Articulate Storyline 3. Eeej. 2(2). 169-182.

Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran berbasis Power Point. Yogyakarta : Deepublish

Kuncahyono, dkk. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Indahnya Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JKTPK. 3(2). 156-163.

Kustandi, C.,dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Mayarkat. Jakarta : Kencana.

Putri, Dini Prianti. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif pada pembelajaran tematik tema 1 “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” pada kelas III sekolah dasar. Malang : Skripsi – Universitas Muhamadiyah Malang.

Munir. (2015). Multimedia (Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung : Alfabeta.

Pribadi, B.A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Rohman, S.N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Lampung : Skripsi - Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Silmi, M.Q. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. JPSD. 4(6). 486-495.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung : ALFABETA

Sulistyaningrum, D.A. (2017). Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. 4(2). 156-166.

Sundayana, R. (2013). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : ALFABETA.

Suryani, N.,dkk. (2018). Media Pembelajaran inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2013). Desain Pengembangan pembelajaran tematik bagai anak usia dini TK/RA & Anak kelas awal SD/MI. Jakarta : Kencana.

Wibawanto, W. (2017). Desain Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interkatif. Jawa Timur : Cerdas Ulet Kreatif.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005.

Yahya, R.,dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. SJME. 4(1). 78-91.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Zainiyati, H.S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ITC Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.473

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.