PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Khaerunnisa Nisa Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Rahma Ashari Hamzah Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Riska Fitri Universitas Islam Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v13i2.4538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning terhadap profil pelajar Pancasila dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V SD Inpres Tamalanrea V Kota Makassar. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2025 selama tujuh pertemuan dengan melibatkan 21 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi karakter pelajar Pancasila, serta tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dan keterlibatan siswa meningkat dari pertemuan awal hingga akhir, ditandai dengan peningkatan aktivitas, kreativitas, berpikir kritis, dan kerja sama dalam kelompok. Analisis data menunjukkan kemampuan awal siswa (pretest) masih rendah hingga sedang, namun setelah pembelajaran berbasis proyek, hasil posttest mengalami peningkatan signifikan dengan mayoritas siswa berada pada kategori sedang hingga tinggi. Hasil uji paired sample t-test memperkuat temuan ini, di mana terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Kesimpulannya, model project based learning efektif meningkatkan pemahaman materi IPAS, menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila, dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta kerja sama siswa. Model ini terbukti sebagai strategi pembelajaran yang relevan dan inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

Downloads

Published

2025-12-04

How to Cite

Nisa, K., Hamzah, R. A., & Fitri, R. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI KOTA MAKASSAR . JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 13(2), 119–213. https://doi.org/10.46368/jpd.v13i2.4538

Citation Check