IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM DALAM PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR STKIP MELAWI DI YAYASAN CAHAYA KEMULIAAN KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Septian Peterianus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi, Indonesia
  • Waridah Waridah
  • Wahyu Septiadi

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3828

Abstract

Abstract: This study aims to evaluate the role of the STKIP Melawi Teaching Assistance Program in supporting the implementation of the MBKM Curriculum at the Cahaya Kemuliaan Sosok Foundation, Sanggau Regency. With a qualitative approach and case study design, data collection is carried out through in-depth interviews, participatory observations, and document studies. The results of the study show that this program has succeeded in overcoming challenges such as limited teacher understanding and infrastructure, as well as improving the quality of learning through collaboration between teaching assistant students, teachers, and students. Research recommendations include intensive training for students, improved coordination, and periodic evaluations. This program can be an effective strategy in supporting curriculum implementation, especially in areas with limited resources. Keywords: Curriculum, MBKM, Teaching Assistance.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran Program Asistensi Mengajar STKIP Melawi dalam mendukung implementasi Kurikulum MBKM di Yayasan Cahaya Kemuliaan Sosok Kabupaten Sanggau. Dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil mengatasi tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru dan sarana prasarana, serta meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kolaborasi antara mahasiswa asisten mengajar, guru, dan peserta didik. Rekomendasi penelitian mencakup pelatihan intensif bagi mahasiswa, peningkatan koordinasi, dan evaluasi berkala. Program ini dapat menjadi strategi efektif dalam mendukung implementasi kurikulum, terutama di daerah dengan keterbatasan sumber daya.

Kata Kunci: Kurikulum, MBKM, Asistensi Mengajar.

References

Atikoh, N. F. (2022). Persepsi Mahasiswa Calon Guru MI Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). AL-TARBIYAH: JURNAL PENDIDIKAN (The Educational Journal), 32, 88. https://doi.org/10.24235/ath.v%vi%i.11182

Azwar, R., Setyowati, D., Mualim, I., Sartika, I., & Mandasari, E. (2024). Peran Asistensi Mengajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Kampus Merdeka. MBKM, 1(1), 25–31.

Cahyani, V. H., & Rochayati, N. (2025). Implementasi Program Asistensi Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Pendidik di SMA Negeri 1 Labuapi. Tambora: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31764/tjp.v1i1.ZZZ

Desfitra, M. S., Aulia, Z., Utami, R. P., Fitriana, N., Akuntansi, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Riau, U. M. (2024). Analisis dan Interpretasi Data Bagi Suatu Perusahaan. In Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Vol. 02, Issue 01).

Herianto, E., Haslan, M. M., Ainun, A., Septiana, E., Aziz, S., Suryani, A. I., Sahira, E., & Novitasari, N. (2024). Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa pada Program MBKM Mandiri-Asistensi Mengajar melalui Pelatihan Mandiri Terintegrasi. Jurnal Gema Ngabdi, 6(3), 179–194. https://doi.org/10.29303/jgn.v6i3.534

Rini, H. P., & Susanti, R. N. (2024). Persepsi dan Dampak Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mahasiswa Peserta Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Asistensi Mengajar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2520–2530. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.1059

Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka:Tantangan dan Peluang di Era Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 5033–5045.

Saiin, M., Rehiara, R., Rozi, F., Rifai, M., & Negawati Kesek, M. (2024). Pengembangan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka di Perguruan Tinggi (Vol. 5, Issue 2).

Saputra, D. A. S., & Sellawati Dewi. (2024). Peran Program Asistensi Mengajar dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Siswa Kelas IV di MIS Fathul Iman Palangka Raya. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 115–124. https://doi.org/10.58192/karunia.v3i4.2675

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Nata Karya, 1–221.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur (Vol. 2, Issue 2).

Sucipto, Sukri, M., Elizabeth Patras, Y., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 277–287.

Widhagdha, M. F., & Ediyono, S. (2022). Case Study Approach in Community Empowerment Research in Indonesia. Indonesian Journal of Social Responsibility Review (IJSRR), 1(1), 71–76.

Published

2025-06-20

How to Cite

Peterianus, S., Waridah, W., & Septiadi, W. (2025). IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM DALAM PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR STKIP MELAWI DI YAYASAN CAHAYA KEMULIAAN KABUPATEN SANGGAU. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 13(1), 153–164. https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3828

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>