EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3729Abstract
Abstract: Critical thinking skills are part of learning outcomes that emphasize Higher Order Thinking Skills (HOTS) which must be instilled in students. This study aims to identify the effectiveness of the contextual Problem Based Learning (PBL) model on students' critical thinking skills in civic education in class V SDN 3 Bringin. This research applies a quantitative approach with a one group pretest-posttest design pre-experimental method on 25 students. The instruments used are pretest-posttest questions and questionnaires. The results show a significant difference in students' critical thinking skills before and after applying the contextual PBL model. The paired sample t-test obtained a significance value (2-tailed) of 0.000 (<0.05), thus Ho is rejected and Ha is accepted. The results of the pretest-posttest show an average increase from 61.68 to 82.12. Meanwhile, the average percentage of the questionnaire increased from 58.02% to 80,13%. Thus, the final conclusion is that the contextual-based PBL model is proven effective in improving students' critical thinking skills in Pancasila education in grade V of SDN 3 Bringin.
Keywords: Problem Based Learning, Contextual, Critical Thinking, Pancasila Education
Abstrak: Keterampilan berpikir kritis adalah bagian dari capaian pembelajaran yang menekankan pada Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang harus ditanamkan dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan model Problem Based Learning (PBL) berbasis kontekstual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pendidikan pancasila di kelas V SDN 3 Bringin. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-eksperimen one group pretest-posttest design pada 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest-posttest dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah menerapkan model PBL berbasis kontekstual. Uji paired sample t-test memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 (<0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil pretest-posttest terdapat peningkatan rata-rata dari 61,68 menjadi 82,12. Sedangkan rata-rata presentase kuesioner meningkat dari 58,02% menjadi 80,13%. Dengan demikian, didapatkan kesimpulan akhir bahwa model PBL berbasis kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pendidikan pancasila di kelas V SDN 3 Bringin.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kontekstual, Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila
References
Amalia, D., Firmansyah, Y., & Repelita, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 8(2), 104–116.
Amalia, L., Yunarwi, W., & Parmin. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning di Kelas VII D SMP Negeri 22 Semarang. 955–960.
Asniyati, & Kusuma, N. R. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 1(2), 136–147.
Azka Salma, F., Nichla Choirin Attalina, S., & Hamidaturrohmah. (2023). Efektivitas Model PBL Berbantuan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa kelas 3 di SDN Potroyudan Jepara. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6, 650–659.
Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 209–219. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1966/1530
Edison, A. (2023). Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar (M. Hidayat, Miskadi, M. Suhardi, & R. Pratama Murtikusuma (ed.)). Penerbit P4I. https://www.google.co.id/books/edition/Problem_Based_Learning_Solusi_Meningkatk/iTmoEAAAQBAJ?hl=id
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
Hildawati, Suhirman, L., Fitra Prisuna, B., Husnita, L., Mardikawati, B., Isnaini, S., Wakhyudin, Hermawan, S., Hadiyat, Y., M Sroyer, A., & Saktisyahputra. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik (Efitra & N. Safitri (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.973
Indriyani, R. S., Supandi, & Mujadidi, S. Al. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal on Education, 6(4), 19921–19926. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6004
Janah, M., & Dimas, A. (2021). Kesulitan Guru SMP Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 420–426.
Kartini, I., Pohan, L. R., Lubis, P. A. A., & Toruan, S. M. L. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256–263. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.819
Khoiruzzad, A., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kacer Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.
Kurniawati, M., & Hardini, A. T. A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan, 32(3), 393–402. https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4262
Lestari, P. D., Baiduri, B., & Ummah, S. K. (2024). Problem-based learning with iSpring assisted inquiry method on critical thinking skills. Journal of Education and Learning, 18(1), 148–153. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i1.21089
Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.50858
Nasar, A., Saputra, D. H., Arkaan, M. R., Ferlyando, M. B., Andriansyah, M. T., & Pangestu, P. D. (2024). Uji Prasyarat Analisis. JEBI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(6), 786–799.
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882
Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis Pada Remaja Di Era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38–52. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i1.519
Nufus, H., & Kusaeri, A. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 49–55.
Nurfahrani, N., Hayati, L., Lu’luilmaknun, U., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 23 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2403–2407. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1831
Pamungkas, R. S. A., & Wantoro, J. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1286–1297. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7360
Priyatno, D. (2024). Teknik Dasar untuk Analisis Data Menggunakan SPSS. Penerbit Andi.
Putra, L. V., & Nurhanifah, R. A. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Kontekstual Menggunakan Qr Code Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jssa : Journal of Smart Society Adpertisi, 1(1), 34–37. https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/jssa
Raminah, & Hardini, A. A. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V. Didakti: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(September).
Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PEDAGOGIKA, 13, 168–183.
Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.426
Sa’diyah, H., Umalihayati, Hidayah, R., Salimi, M., Fajari, L. E. W., Mashudi, & Aini, S. (2024). The Effect of Problem Based Learning Model on Critical Thinking Skills in Elementary School: A Meta Analysis Study. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1), 135–160. https://doi.org/10.25217/ji.v9i1.4456
Sapryanti, W., Nisa, K., & Amrullah, L. W. Z. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Di SDN 30 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 2763–2773.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Sari, A. A., Maskhuriyah, D. El, Fatchan, E. G., Murti, V. S., & Maulidia, W. (2022). Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4(April), 1068–1074. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/433
Sari, M. T. B. P., & Wahyudin. (2025). Analysis of Critical Thinking Ability of Elementary School Students in Learning Mathematics with Problem-Based Learning Model. 7(1), 501–511.
Sarip, N., Arafah, K., & Palloan, P. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 10 MAKASSAR. 3, 291–299.
Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313
Sinurat, K., Simanjuntak, H., & Sijabat, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Subtema 2 Perubahan Energi UPTD SD Negeri 125543 PEMATANGSIANTAR. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 2(2), 73–81.
Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25
Tarjo. (2020). Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Penerbit Deepublish.
Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228
Yumarni, A., Isnaini, R., Sari, A. P., Junita, S., & Nurfadilah, B. (2025). Application of Contextual Learning To Develop The Abilities of State Middle School 18 Students In Bengkulu City Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(4), 1015–1021.