PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KARAKTER MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL: TANTANGAN DAN STRATEGI DI ERA SOCIETY 5.0"
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3483Abstract
Abstract: This research aims to analyze the implementation of a character-based curriculum with digital technology and identify challenges that arise in the context of Society 5.0. This research uses a qualitative method with a case study approach, involving teachers, students, parents and school principals as participants. Data collection techniques were carried out through participant observation, in-depth interviews, and documentation analysis. The data collected was analyzed using thematic analysis techniques with data triangulation to ensure the validity and reliability of the findings. The research results show that the implementation of a character-based curriculum in the digital era has a crucial role in building students' moral and social competence. However, there are a number of challenges, such as increasing dependence on technology, limited control over digital content, and the readiness of educators and parents to guide children. Therefore, a holistic approach and adaptive pedagogical strategies are needed to ensure character education remains an integral part of the learning process in the digital era.
Keywords: Character Based Curriculum, Utilization of Digital Technology, Society Era 5.0"
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum berbasis karakter dengan teknologi digital serta mengidentifikasi tantangan yang muncul dalam konteks Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan guru, peserta didik, orang tua, dan kepala sekolah sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik dengan triangulasi data guna memastikan validitas dan reliabilitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum berbasis karakter dalam era digital memiliki peran krusial dalam membangun kompetensi moral dan sosial peserta didik. Namun, terdapat sejumlah tantangan, seperti meningkatnya ketergantungan terhadap teknologi, keterbatasan kontrol terhadap konten digital, serta kesiapan pendidik dan orang tua dalam membimbing anak. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang holistik dan strategi pedagogis yang adaptif untuk memastikan pendidikan karakter tetap menjadi bagian integral dalam proses pembelajaran di era digital.
Kata Kunci: Kurikulum Berbasis Karakter, Pemanfaatan Teknologi Digital, Era Society 5.0"
References
Arief, M., & Hariyanto, H. (2020). Penyalahgunaan Teknologi dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 65-76.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Pearson.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Daryanto. (2014). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Rineka Cipta.
Denzin, N. K. (2017). The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods. Aldine Transaction.
Lestari, N. A. P., & Habibah, S. N. (2022). Karakter Peserta Didik Pada Era Society 5.0 di Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 6(1), 45-56.
Nurul, I, dkk. (2024). Penggunaan Aplikasi Intrumen Hambatan Komunikasi Pada Aspek Antar Pribadi Peserta Didik Berbasis TI Oleh Guru BK Di SMP Kecamatan Kuranji Kota Padang. Pendidikan dan Kebudayaan. 2(5), 3.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods. Sage Publications.
Prasetyo, A. (2016). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Alfabeta.
Samsudin, A. (2019). Penerapan Blended Learning dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan, 21(2), 134-148.
Seidman, I. (2013). Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences. Teachers College Press.
Sukma, dkk. (2024) Rasa Tanggung Jawab Siswa Terhadap Kebersihan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Nanga Nuak. Jurnak Pendidikan dan Kebudayaan, 2(5), 2-3.
Supriyanto, Y. (2018). Peningkatan Literasi Digital untuk Guru di Sekolah Dasar Global Maju Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 19(3), 145-160.
Sutrisno, E. (2018). Pengembangan Literasi Digital bagi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 19(2), 107-120.
Syasmita, I. (2018). Pemanfaatan Informasi Dan Teknologi (IT) Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 639-645.
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2021). Relevansi Industri 4.0 Dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kependidikan, 16, 173–184.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sage Publications.