IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED WRITING PROCESS PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS WAWANCARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tsania Rohmatul Izza STKIP BINA INSAN MANDIRI, Indonesia
  • Rizka Nur Oktaviani STKIP BINA INSAN MANDIRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3449

Abstract

Abstract:. This study uses a descriptive qualitative approach to explain how the Guided Writing Process (GWP) strategy is applied to the interview text writing skills of Grade V elementary school students and how GWP has an impact on their interview text writing skills. The students involved in this study are grade V elementary school students. Data collection is carried out through observation, interviews, and documentation. Data analysis was carried out in a qualitative descriptive manner. The results of the study show that the application of the Guided Writing Process (GWP) strategy to the interview text writing skills of grade V elementary school students has been carried out very well. Students showed excellent results in various elements of assessment, such as systematically writing reports, using capital letters, punctuation, standard vocabulary, independent attitudes, and writing effective sentences. However, some students need additional help, such as choosing vocabulary and writing capital letters.  

Keywords: Guided Writing Process, interview text writing, writing regularity 

     

Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjelaskan bagaimana strategi Guided Writing Process (GWP) diterapkan pada keterampilan menulis teks wawancara siswa Kelas V SD dan bagaimana GWP berdampak pada keterampilan menulis teks wawancara mereka. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Guided Writing Process (GWP) pada keterampilan menulis teks wawancara siswa kelas V SD telah dilakukan dengan sangat baik. Siswa menunjukkan hasil yang sangat baik dalam berbagai elemen penilaian, seperti menulis laporan dengan sistematis, menggunakan huruf kapital, tanda baca, kosa kata baku, sikap mandiri, dan menulis kalimat efektif. Namun, beberapa siswa memerlukan bantuan tambahan, seperti memilih kosa kata dan menulis huruf kapital.   

Kata Kunci: Proses Penulisan Terbimbing, Teks Wawancara, Keterampilan  Menulis   

Author Biographies

Tsania Rohmatul Izza, STKIP BINA INSAN MANDIRI

PGSD

Rizka Nur Oktaviani, STKIP BINA INSAN MANDIRI

PGSD

References

Dina Irmayanti Harahap, Yenita Uswar, N. H. (2024). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN APLIKASI WRITING SKILL GUIDE ( WSG ). 4(2), 41–49.

Faudati, M., & Rochmiyati, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Hasil Wawancara Peserta Didik Melalui Metode Outdoor Study. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(2), 118–123. https://doi.org/10.33369/pgsd.16.2.118-123

Halidjah, S., Pranata, R., Kresnadi, H., Ghasya, D. A. V., & Kartono, K. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Laporan Penelitian Tindakan Kelas Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.884

Kusniarti, T. (2015). Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Strategi Menulis Terbimbing (SMT) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Bersastra. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 108–116.

Madarudin, Sada, C., B. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Gelata Kecamatan Sokan. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 21–26. http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/7/pdf_2

Muhammad Rizal Pahleviannur dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf. In Surakarta : Farida Nugrahani, 2014 M (Vol. 1, Issue 1).

Nurlatifah, H., & Din A.U., A. R. A. (2020). Penerapan Metode Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Persada, III(3), 115–120. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda

Puspawati, Y. D., Slamet, S., & Surya, A. (2023). Analisis kesalahan struktur kalimat dasar pada keterampilan menulis teks wawancara peserta didik kelas iv sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(4), 1–7. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v8i4.76671

Sari, D. Y., Oktariani, L., & Novira, M. (2024). Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 03(03), 72–80. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/view/3837

Veteran, U., Nusantara, B., & Sukoharjo, K. (2024). 1 , 2 , 3. 12(2), 222–236. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2652

Zaenab, S., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2). https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.15581

Published

2025-06-06

How to Cite

Izza, T. R., & Oktaviani, R. N. (2025). IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED WRITING PROCESS PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS WAWANCARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 13(1), 88–98. https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3449

Issue

Section

Artikel

Citation Check