KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI

Nurul Apsari, Sastiawati Sastiawati

Abstract


Abstract: The research objective was to determine the effect of the inquiry method on student’s cognitive, affective, and psychomotor abilities in science learning. This type of research is experimental research. The design used in this research is True Experimental Designs with the type of Pretest-Posttest Control Group Designs. The research sample consisted of 50 students. The research instruments were questions (cognitive) and observation sheets (affective and psychomotor). Student’s cognitive abilities in the experimental class showed a significant difference compared to the control class. Obtained L0 = 0.4049 (α = 0.05) with Ltable = 0.206 so that the data population is not normally distributed. Then performed a difference test using UMann-Wihitney obtained Utabel = 81> Ucount = 70 so that Ho is rejected and Ha is accepted. Affective ability obtained L0 = 0.2671 (α = 0.05) with Ltable = 0.206 so that the data population is not normally distributed. Performed the UMann-Whitney test obtained Utabel = 99 ˂ Ucount = 139 so that there is no difference in affective ability in the control and experimental classes. The normality test on psychomotor abilities obtained L0 = 0.4049 (α = 0.05) > Ltable = 0.206 so that the data population was not normally distributed. Furthermore, the UMann-Whitney test was carried out, it was obtained Utabel = 99 > Ucount = 89, it was concluded that there were differences in student’s psychomotor abilities in the control class and the experimental class.

Keywords: cognitive, affective, psychomotor, inquiry

 

Abstrak: Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah True Experimental Designs dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Designs. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Instrumen penelitian adalah soal (kognitif) dan lembar observasi (afektif dan psikomotorik). Kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan kelas kontrol. Diperoleh L0 = 0,4049 (α = 0,05) dengan Ltabel = 0,206 sehingga populasi data berdistribusi tidak normal. Kemudian dilakukan uji perbedaan menggunakan UMann-Wihitney yaitu Utabel=81 > Uhitung = 70 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kemampuan afektif diperoleh L0 = 0,2671 (α = 0,05) dengan Ltabel=0,206 sehingga populasi data berdistribusi tidak normal. Dilakukan uji UMann-Whitney (tingkat kepercayaan 95%) diperoleh Utabel = 99 ˂ Uhitung = 139 sehingga tidak ada perbedaan kemampuan afektif pada kelas kontrol dan eksperimen. Uji normalitas pada kemampuan psikomotorik diperoleh L0 = 0,4049 (α = 0,05) > Ltabel = 0,206 sehingga populasi data berdistribusi tidak normal. Selanjutnya dilakukan uji UMann-Whitney diperoleh Utabel = 99 > Uhitung = 89 disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan psikomotorik siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Kata Kunci: kognitif, afektif, psikomotorik, inkuiri


References


Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aqib, Zainal. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.

Arantika, Jane. 2014.Pengaruh Inkuiri Berbantuan Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Koloid di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 10, Jilid. 3. Hal. 1-3

Hendarni. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Membaca Peta pada Pembelajaran Tema Indahnya Negeriku dengan Menggunakan Media Peta Puzzle pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gumukmas Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Lampung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Ibda, Fatimah. 2015. Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Intelektualita, Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015, 27-38.

Kuniasih. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Patimapat, M., Duda, H.J., & Supiandi, M.I. (2019). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar psikomotorik siswa. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1): 09-20.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sahputra, Rachmat. 2014. Pembelajaran dengan Model Inkuiri pada Materi Kimia Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 2, Nomor 2, Desember 2014, Hal. 193-197.

Sudjana. 2015. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. 2016. Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenan media Group.

Trianto. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada

Media.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.344

Article Metrics

Abstract view : 1554 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 647 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.