PELAKSANAAN P5 DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Waridah Waridah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi, Indonesia
  • Intan Wulan Dari
  • Joni Albar

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.3035

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan pelaksanaan P5 dimensi bernalar kritis pada pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan kualititatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV. Objek penelitian pelaksanaan P5 dimensi bernalar kritis pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa memperoleh dan memproses informasi dan gagasan yakni mengajukan pertanyaan yang relevan, melakukan identifikasi dan mengklarifikasi gagasan dan informasi, serta mampu mengolah informasi dalam pelajaran matematika. Menganalisis penalaran yakni melakukan analisis terhadap soal dan menyampaikan pendapat yang ditemukan serta memberikan kesimpulan saat menyelesaikan soal. Mengevaluasi penalaran yakni guru dan siswa bersama-sama membahas kesalahan siswa dalam mengerjakan soal, kemudian siswa menjelaskan kembali apa yang ditemukan dalam melakukan evaluasi. Merefleksi pemikiran dan proses berfikir di akhir pembelajaran, sehingga guru dapat memahami apa saja kelemahan dan kekurangan dari sebuah pembelajaran yang telah dipresentasikan di kelas.

References

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:alfabeta.

Purwanto (2014). Pendidikan Adalah Proses Kegiatan yang Disengaja.

Ningsih Sy, (2017:87). Pendidikan Matematika adalah Praktik dalam

mengajar dan belajar Matematika.

Shoimin, (2017: 44). Pembelajaran Kontekstual Menekankan Aktivitas Berfikir Siswa.

Kemendikbud Ristek, (2021). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kemendikbud Ristek, (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Sugiono, (2016: 1). Data Indukatif Penelitian Kualitatif Deskriptif.

Kemendikbud Ristek, (2022). Bernalar kritis untuk para pelajar mencerna suatu hal yang secara objektiv.

Achmad, B.F., Allquarismy, S.N., Pratiwi, S., Aruna, Y., Kirana, D., Mutiasari, Suciati, W.Y. (2021).

Published

2024-12-09

How to Cite

Waridah, W., Dari, I. W., & Albar, J. (2024). PELAKSANAAN P5 DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 314–323. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.3035

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>