PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK DI SD
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2652Abstract
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. In N. F. Atif (Ed.), Refika Aditama. Refika Aditama.
Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22–34. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22
Bara, H. S., & Pratiwi, I. (2024). Pengembangan Modul Bangun Ruang dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1510
Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., & Slamet, S. Y. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56190
Haryanti, A. T., & Rukmi, A. S. (2023). Pengembangan Media E-Flipbook untuk Keterampilan Menulis Teks Informatif Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1818–1829. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47569
Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio, 7(4), 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566
Irawan, R. W., Nugrahani, F., & Sudiyana, B. (2023). Pengembangan Media Flash Card dalam Penguatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Siswa SMP. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 6(2), 32–42. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3515
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan digital. In R. Sikumbang (Ed.), Ghalia Indonesia (2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Lestari, G. D., & Aini, N. (2024). Pengaruh Flipbook Literasi dan Numerasi terhadap Hasil AKM Peserta Didik Kelas V di SDN Ploso Wonoayu. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 49–63. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1918
Maryati, Nugrahani, F., & Widayati, M. (2022). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kasamsi dalam Pembelajaran Menulis Pantun di SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8024–8032. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7978/6003
Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah: Teori dan Penerapannya. Caremedia Communication.
Mujahida, & Rus’an. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered dan Learner Centered. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331.
Ntelok, Z. R. E., Mantur, B. S., Jamun, Y. M., & Ngalu, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Siklus Air Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 159–175. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.1519
Nugrahani, F. (2018). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Cakra Books. Cakra Books.
Nurnaningsih. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan dalam Kisah Sayid Markaban. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 113–115. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1364
Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Mahardhani, A. Ja., Amruddin, Alam, M. D. S. A., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Sukmawati (ed.); Pertama). PRADINA PUSTAKA. https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian/
Pasinggi, M. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.51878/science.v3i1.2078
Pratiwi, W. N., Nugrahani, F., & Nurnaningsih. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pengembangan Modul Ajar Intrinsik Cerita Berbasis PBL. Jurnal Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(9), 3593–3607. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10150
Prianto, Widayati, M., & Sudiyana, B. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi dengan Media Video di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4065–4088. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8905
Purnama Sidiq Putra, & Suciptaningsih Adhi Oktaviani. (2024). Pengembangan E-book Berbasis Flipbook Muatan IPAS pada Materi Peta Daerah Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 114–122. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.2070
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332.
Santoso, B., Triono, M., & Zulkifli, Z. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 54–61. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.2963
Sutarno, E., & Mukhidin. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1.
Widayati, M., & Chotimah, K. (2019). Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. JURNAL PENDIDIKAN, 28(3), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.487 265