PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK DI SD

Authors

  • Marsiwi Riani Sani Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Nurnaningsih Nurnaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2652

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hambatan-hambatan, dan usaha guru dalam mengatasi hambatan pembelajaran menulis prosedur teks dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media flipbook di SD. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber datanya dari dokumen, narasumber, peristiwa dan tempat. Data berupa informasi dan dokumen perencanaan, pelaksanaan, hambatan-hambatan, dan usaha mengatasi hambatan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi berperan, dan analisis dokumen. Teknik validitas data berupa triangulasi teknik dan sumber. Analisis data berupa reduksi, sajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) perencanaan pembelajaran dilaksanakan guru dengan membuat perangkat terbuka. 2) Eksekusi pembelajaran menggunakan sintaks PBL dan media flipbook . 3) Hambatan-hambatan berupa perhatian guru belum menyeluruh, kesiapan peralatan, dan kecepatan mengerjakan soal yang berbeda-beda. 4) Usaha guru dengan memberi soal dan memotivasi, menjelaskan tugas secara rinci, tutor teman sebaya, mendampingi, memfokuskan siswa dan menguji waktu pengerjaan. Hasil akhir membuktikan model PBL dengan media flipbook mempengaruhi hasil belajar siswa

Author Biographies

Marsiwi Riani Sani, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah

Mukti Widayati, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah

Nurnaningsih Nurnaningsih, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. In N. F. Atif (Ed.), Refika Aditama. Refika Aditama.

Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22–34. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22

Bara, H. S., & Pratiwi, I. (2024). Pengembangan Modul Bangun Ruang dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1510

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., & Slamet, S. Y. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56190

Haryanti, A. T., & Rukmi, A. S. (2023). Pengembangan Media E-Flipbook untuk Keterampilan Menulis Teks Informatif Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1818–1829. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47569

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio, 7(4), 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566

Irawan, R. W., Nugrahani, F., & Sudiyana, B. (2023). Pengembangan Media Flash Card dalam Penguatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Siswa SMP. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 6(2), 32–42. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3515

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan digital. In R. Sikumbang (Ed.), Ghalia Indonesia (2nd ed.). Ghalia Indonesia.

Lestari, G. D., & Aini, N. (2024). Pengaruh Flipbook Literasi dan Numerasi terhadap Hasil AKM Peserta Didik Kelas V di SDN Ploso Wonoayu. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 49–63. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1918

Maryati, Nugrahani, F., & Widayati, M. (2022). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kasamsi dalam Pembelajaran Menulis Pantun di SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8024–8032. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7978/6003

Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah: Teori dan Penerapannya. Caremedia Communication.

Mujahida, & Rus’an. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered dan Learner Centered. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331.

Ntelok, Z. R. E., Mantur, B. S., Jamun, Y. M., & Ngalu, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Siklus Air Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 159–175. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.1519

Nugrahani, F. (2018). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Cakra Books. Cakra Books.

Nurnaningsih. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan dalam Kisah Sayid Markaban. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 113–115. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1364

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Mahardhani, A. Ja., Amruddin, Alam, M. D. S. A., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Sukmawati (ed.); Pertama). PRADINA PUSTAKA. https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian/

Pasinggi, M. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.51878/science.v3i1.2078

Pratiwi, W. N., Nugrahani, F., & Nurnaningsih. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pengembangan Modul Ajar Intrinsik Cerita Berbasis PBL. Jurnal Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(9), 3593–3607. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10150

Prianto, Widayati, M., & Sudiyana, B. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi dengan Media Video di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4065–4088. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8905

Purnama Sidiq Putra, & Suciptaningsih Adhi Oktaviani. (2024). Pengembangan E-book Berbasis Flipbook Muatan IPAS pada Materi Peta Daerah Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 114–122. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.2070

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332.

Santoso, B., Triono, M., & Zulkifli, Z. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 54–61. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.2963

Sutarno, E., & Mukhidin. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1.

Widayati, M., & Chotimah, K. (2019). Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. JURNAL PENDIDIKAN, 28(3), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.487 265

Published

2024-12-09

How to Cite

Sani, M. R., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2024). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK DI SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 222–236. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2652

Citation Check