PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN PADA HEWAN DAN MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD

Authors

  • wahid surono Program Magister PGSD Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Tomo Djudin Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Asriah Nurdini Mardiyyaningsih Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Rini Muharini Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Erlina Erlina Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.2299

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan factorial designs pada 101 siswa dari dua sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui angket kemandirian belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil uji anova menunjukkan bahwa variabel Kelas memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (Sig. = 0,017, F = 5,856), sedangkan variabel Kemandirian tidak signifikan (Sig. = 0,105, F = 2,685). Meskipun terdapat interaksi antara Kelas dan Kemandirian yang tidak signifikan (Sig. = 0,00, F = 16,687). Hasil uji post hoc menunjukkan interaksi signifikan antara tingkat kemandirian belajar yang sangat tinggi dan penerapan pendekatan saintifik (p = 0,00), serta antara kemandirian belajar tinggi dan penerapan pendekatan saintifik (p = 0,033), serta antara kemandirian belajar sangat tinggi dan kelas pembelajaran pendekatan saintifik (p = 0,00). Ini menunjukkan bahwa pada tingkat kemandirian belajar yang tinggi, implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran memberikan hasil yang signifikan.

Author Biographies

wahid surono, Program Magister PGSD Universitas Tanjungpura

Mahasiswa Universitas Tanjungpura

Tomo Djudin, Universitas Tanjungpura

Dosen Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNTAN

Asriah Nurdini Mardiyyaningsih, Universitas Tanjungpura

Dosen Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNTAN

Rini Muharini, Universitas Tanjungpura

Dosen Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNTAN

Erlina Erlina, Universitas Tanjungpura

Dosen Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNTAN

References

Abrami, P. C., dkk. (2015). Strategies for teaching students to think critically: A meta-analysis. Review of Educational Research, 85(2), 275-314. doi: 10.3102/0034654314551064

Astuti, R. P., Rif'at, M., & Putri, R. O. P. E. (2016). Penerapan pendekatan saintifik menggunakan kartu huruf dan kartu gambar terhadap pemahaman kosakata pada anak usia dini di kelas 0 besar tk yosi. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-13.

Dafit, F., dkk. (2018). Efektivitas Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Ekosistem. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 181-193.

Djudin, T., & Yani, A. (2022). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Pendidikan Pengolahan Data Dengan SPSS Dan Penafsirannya. In UNTAN PRESS (Vol. 1). UNTAN PRESS.

Facione, P. A., dkk. (2017). The disposition toward critical thinking: Its character, measurement, and relation to critical thinking skill. Informal Logic, 37(2), 159-176. doi: 10.22329/il.v37i2.4998.

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650

Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menulis narasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 30-41.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Muthmainnah, A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gawai terhadap kemandirian belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 121-124.

Osborne, J., & Dillon, J. (2008). Science Education in Europe: Critical Reflections. Routledge.

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287-298.

Rosita, S., Nugraha, A. E., & Khoiri, A. (2020). Penerapan model konstruktivisme untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada matapelajaran IPS di kelas V SDN 18 Tubung. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 38-47.

Suhandi, A., & Kurniasri, D. (2019). Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 125–137. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6972

Solekhah, I., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Bercerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem. 2(1), 12.

Suparya, I. K. (2021). Pengaruh Siklus Belajar Tri Pramana Pada Pembelajaran Ipa Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 55. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V6i1.2072

Yoon, S. A., dkk. (2011). Review of Research on Science Learning and Instruction. National Science Foundation.

Published

2024-06-30

How to Cite

surono, wahid, Djudin, T., Mardiyyaningsih, A. N., Muharini, R., & Erlina, E. (2024). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN PADA HEWAN DAN MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(1), 152–162. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.2299

Issue

Section

Artikel

Citation Check