PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERSTRUKTUR PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISPADA MATERI PECAHAN DI KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v1i1.206Abstract
Abstract: This study aims to determine the effect of the contextual teaching and learning model with a scientific structure on the ability of mathematical representation in fraction material in class VI SDN 08 Banua Ujung. The method of research used is the experimental research method withresearch design pre-experiment. The study used adesign. The pretestposttestresearch subjects used 13 students of class VI in public elementary schools 08 Banua Ujung. Data collection was done by means of tests. Data analysis using simple linear regression analysis and effect size. The results of the analysis show that: 1) there is the effect of scientific structure contextual learning on the ability of mathematical representation with a significance value of 0.04 <0.05. 2) the influence of the CTL model of scientific structure on the ability of mathematical representation is 1.8, with the percentage in table z valued at 46.41% and in the Cohen table worth 96%. The results showed that the ability of mathematical representation increased significantly.
Â
Keywords : CTL model with scientific structure, mathematical representation, fraction.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL berstruktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis pada materi pecahan di kelas VI SDN no 08 Banua Ujung.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experiment. Penelitian menggunakan desain pretestposttest.Subjek penelitian menggunakan 13 siswa kelas VI di sekolah dasar negeri 08 Banua Ujung.Pengumpulan data dilakukan melalui cara tes. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan effect size.Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pembelajaran kontekstual berstruktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis dengan nilai signifikansi 0,04 < 0,05. 2) besar pengaruh model CTL bersrtuktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis adalah senilai 1,8, dengan persentase pada tabel z bernilai 46,41% dan pada tabel Cohen bernilai 96%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis meningkat secara signifikan.
Kata kunci : Model CTL berstruktur saintifik, representasi matematis, pecahan.
References
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. (R. Sikumbang, Ed.). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Mulyasa, E. (2009). Analisis, Validitas, Realibilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council Of Mathematics, Inc.
OECD. (2018). Pisa 2015 Result In Focus. https://doi.org/www.oecd.org/pisa. Diunduh pada tanggal 10 Januari 2019.
Purwanto, N. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rachman, M. (2015). 5 Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Mixed, PTK, R&D (Cetakan 1). Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007).Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestas Pustaka.