PENGARUH MEDIA PAPAN PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Yulita Afra, Puji Rahmawati, Agustina Fini Widya

Abstract


Masalah dalam penelitian ini “Bagaimana pengaruh media papan puzzle terhadap pemahaman konseptual materi pecahan sederhana matematika di Sekolah Dasar?”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media papan puzzle terhadap pemahaman konseptual materi pecahan sederhana matematika di Sekolah Dasar Negeri 01 Semanget. Adapun variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X), yaitu media papan puzzle, variabel terikat (Y) pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen bentuk one group design dalam bentuk tunggal dan penelitian ini menggunakan pretest  dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 01 Semanget dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III.A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Instrumen penelitian ini adalah tes. Analisis data diperoleh rata-rata pretest sebesar 50 dengan standar deviasi 10 dan persentase ketuntasan 9,09%. Sedangkan hasil analisis data posttest diperoleh nilai rata-rata 72 dengan standar deviasi 14 dan persentase ketuntasan 77,27%. Hasil pengujian normalitas pretestdan posttest yaitu 51,779 > 9,448 dan 55,082 > 9,448. Sehingga data pretest dan posttest tidak berdistribusi normal, maka dilakukan uji wilcoxon dengan nilai Whitung= 2,5 dan Wtabel= 66.  Berdasarkan hasil analisis uji wilcoxon diperoleh kriteria pengujian hipotesis data yaitu Whitung< Wtabel. Hal ini dapat disimpulkan bahwa  ditolak sehingga  diterima. Dengan demikian penggunaan media papan puzzle dalam pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konseptual matematika siswa di SDN 01 Semanget.

References


Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiqon. 2015. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Soemarmo. Utari dan Hendriana, Heris. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Aji, Mohammad. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Memahami dan

Memelihara Sistem Starter Tipe Konvensional Berbasis

Buku Digital Electronic Publication (Epub). Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Elan, dkk. 2017. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1.No.1.h.66. http://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/download/7168/4764.diakses pada tanggal 15 Januari 2019.

Maviro, Anirisa L.T. 2017. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV Min Lambaro Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan KeguruanProdi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Darussalam Bandar Aceh.

Mutohar, Ali. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pandanarum Pada Materi Kesebagunan dan Kekongruenan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Puworkerto. Puworkerto.

Nisa’enha, Hikmatun. 2015. Pengembangan Media Puzzle Pada Konsep Pengukuran Bangun Datar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV Mi Al Mufidah Wongsorejo Banyuwangi. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Unversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v8i2.205

Article Metrics

Abstract view : 626 times
pdf (Bahasa Indonesia) - 452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.