INOVASI PENDIDIKAN DI BIDANG MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.1546Abstract
Abstract: The purpose of this study is to examine educational innovations in the field of classroom management in online learning to increase the learning motivation of elementary school students. This research was conducted using qualitative research methods. With research techniques literature studies from various relevant sources. The result of this research is that increasing students' motivation in online learning, it can be done through classroom management to create effective classroom conditions. By applying the principles of classroom management, managing the classroom environment, creating a positive atmosphere in the classroom, applying rules, and establishing good communication with the teacher as a facilitator. The existence of classroom management in achieving effective learning can increase student learning motivation and make learning more focused. In addition, the contribution of parents is also needed in guiding and assisting students during online learning carried out from home.
Keywords: classroom management innovation, online learning, learning motivation, elementary school
Â
Â
Abstrak: Maka dari itu tujuan penelitian ini mengkaji perihal inovasi pendidikan di bidang manajemen kelas dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan teknik penelitian studi literatur dari berbagai sumber yang relevan. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring dapat dilakukan melalui manajemen kelas agar tercipta kondisi kelas yang efektif. Dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen kelas, mengatur lingkungan kelas, menciptakan atmosfer yang positif dalam kelas, menerapkan peraturan, dan terjalin komunikasi yang baik dengan guru sebagai fasilitator. Adanya manajemen kelas dalam mencapai pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan menjadikan pembelajaran lebih terarah. Selain itu, diperlukan pula kontribusi orang tua siswa dalam membimbing dan mendampingi siswa selama pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah.
Kata Kunci: inovasi manajemen kelas, pembelajaran daring, motivasi belajar, sekolah dasar
References
Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, O. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81–95. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v7i2.488
Anton, A., & Usman, U. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(1), 69–83. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i1.327
Azman, Z. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Edification Journal, 2(2), 51–64. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.136
Blannin, J. (2020). The Role of the Teacher in Primary School Web 2.0 Use. Contemporary Educational Technology, 6(3), 188–205. https://doi.org/10.30935/cedtech/6149
Cross, T., & Polk, L. (2018). Burn Bright, Not Out: Tips for Managing Online Teaching. Journal of Educators Online, 15(3). https://doi.org/https://doi.org/10.9743/jeo.2018.15.3.1
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Cineka Cipta.
Febrianty, D., & Cendana, W. (2021). Keteladanan Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring Exemplary. Musamus Journal of Primary Education, 3(2), 81–89. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3302
Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan Kearifan Etnik dalam Mengembangkan Karakter. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1). https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2789
Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M., Yuniarti, Y., Kuswanto, K., Setiawan, D., Yusron, E., & Hendrawan, B. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online dengan Memanfaatkan Multiplatform : Sebuah Gerakan Literasi Digital. Massagi: Masyarakat Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1–8. https://ejournal.multiliterasi.com/index.php/mmp/article/view/6
Istihana, I. (2015). Pengelolaan Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 267–284. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1297
Jaya, H. N., Idhayani, N., & Nasir, N. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566–1576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, XII(1), 281–294. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/585
Kumayas, N. S., & Cendana, W. (2021). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Guna Mendisiplinkan Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Virtual. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3037
Kurniyawan, M. D., Sultoni, S., & Sunandar, A. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 192–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p192
Metuduan, J. V. (2019). Guru sebagai Pembimbing dalam Pengenalan Perilaku Positif melalui Penghargaan dan Konsekuensi. (Skripsi, Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Indonesia). http://repository.uph.edu/id/eprint/5052
Mulyasidhi, G., & Haq, M. S. (2021). Manajemen Kelas dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01), 144–155. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38584
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Permendiknas. (2007). Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Puspitaningrum, E. (2017). Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SD Negeri Minomartani 2. Basic Education, 6(1), 28–39.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302.
Rosidah, R. (2018). Strategi Pengelolaan Kelas Efektif dan Efisien Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(2), 208–217. https://doi.org/10.5281/zenodo.1421013
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Sholikhudin, M. A., & Sa’diyah, H. (2017). Model Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran PAI Di SD Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan. Al-Murabbi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 291–310. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/608
Sunu, I. G. K. A. (2021). Kepemimpinan Efektif Dalam Pengelolan Kelas dengan Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 234–246. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/32724
Susanto, R. (2017). Keterampilan Manajemen Kelas Melalui Gerakan Sederhana Senam Otak (Brain Gym) di SD Pelita 2, Jakarta Barat. Jurnal Abdimas, 3(2), 1–13.
Suyanto, S., & Jihad, A. (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esesnsi.
Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291
Tarihoran, N. M., & Cendana, W. (2020). Upaya Guru dalam Adaptasi Manajemen Kelas untuk Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Perseda, III(3), 134–140.