Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Puro Pakualaman 1

Cahaya Safitri Ningsih, Ana Fitrotun Nisa

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to increase students' interest in reading in grade II at SDN Puro Pakualaman 1 by using a reading corner.

This study used a qualitative descriptive method. Data collection techniques were observation and interviews which then produced documentation. The research subjects were class II students at SDN Puro Pakualaman 1. The results of his research were that there was a reading corner, students' interest in reading increased. The use of reading corners in increasing reading interest among others: utilizing the book collection for the school literacy movement 15 minutes before learning, utilizing the reading corner as material for student discussion, and utilizing the reading corner to fill students free time

Keywords: reading corner,interest read

 

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas II di SDN Puro Pakualaman 1 dengan pemanfaatan pojok baca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara yang kemudian menghasilkan dokumentasi.Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Puro Pakualaman 1. Hasil penelitianya dengan adanya pojok baca, minat membaca siswa meningkat.Pemanfaatan  pojok baca dalam meningkatan minat membaca antara lain : memanfaatkan koleksi buku untuk gerakan literasi sekolah 15 menit sebelum pembelajaran, memanfaatkan pojok baca sebagai bahan diskusi siswa, dan memanfaatkan pojok baca untu mengisi waktu luang siswa

Kata Kunci: pojok baca, minat baca

References


Agustin, Nella. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press.

Ahmadi, Farid. (2019). Media Literasi Sekolah(Teori dan Pratik). Cet. IV. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Ati Afriati. Ujang Jamaludin (2021).

Optimalisasi minat baca melalui program pojok baca di kelas V.

Dewi, Fitri. (2021). “Pengaruh Metode Lambung TA Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa”. Jurnal Papeda, Vol. 3, No. 1.

Di, K., & Semplo, S. D. N. (2022). Pemanfaatan pojok baca dalam menanamkan minat baca siswa kelas 3 di sdn 1 semplo. 7, 58–66.

Faradina, Nindya. (2021). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, Vol. 6, No. 8.

Fitrotunnisa, Maya. (2019). “Efektivitas Gerakan Literasi Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MIN 1 Kota Tangerang Selatan”. Skripsi, Tangerang Selatan: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Ilmu Al-qur’an Jakarta.

Handina, Alfian. (2016). “Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca”, Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Vol. 5 No. 2

Hidayatulloh, P., & Solihatul, A. (2019). Panji Hidayatulloh1), Ayu Solihatul2), Endah setyo3), Rosita Husna Fanantya4), Sekar Mustika Arum5), Ririn Tri Utami Nurul Istiqomah6), Shandy Novilia Purwanti7. Peningkatan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Pojok Baca Di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu, 1(1), 6–11.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud no 23 tahun 2016 tentang standar penilaian pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: dapartemen pendidikan dan kebudayaan.

Kurniawan, Agung R. (2019). “Peranan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Universitas Jambi, Vol. 3, No. 2.

Mulyo Teguh. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional , 18–26.

National, G., & Pillars, H. (n.d.). Pemanfaan pojok baca kelas dalam peningkatan GSL.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

UNESCO. (2018). Asia-Pasific Regional Global Citizenship Eduacation. Jakarta: UNESCO Office.

Wandasari, Yulisa. (2017).“Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter”. Jurnal Manajemen, Vol. 1, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.1084

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.