PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MEDIA KIT DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maryudi Maryudi
  • Sugiatno Sugiatno
  • Muhtar Hamdan

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA khususnya  pada siswa kelas VI SDN 14 Landau Berauh. Dengan perbaikan tersebut diharapkan agar siswa dapat memanfaatkan semua objek konkret yang ada dilingkungan tempat mereka belajar dan memberi pengaruh pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan penggunaan  media kIT dalam proses pembelajaran diyakini mampu membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar, materi dapat disajikan kedalam bentuk yang lebih konkret. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 14 Landau Berauh dengan jumlah siswa 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan tahun ajaran 2011/2012. Instrumen yang dugunakan dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan  soal tes dan angket.  Hasil penelitian ini memenunjukkan bahwa  pembelajaran menggunakan media kit dapat meningkatkan motivasi belajar dan perolehan nilai hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 14 Landau Berauh Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. 

 Kata Kunci: Media Kit, Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA.

Published

2014-06-19

How to Cite

Maryudi, M., Sugiatno, S., & Hamdan, M. (2014). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MEDIA KIT DI KELAS VI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 2(1), 37–40. https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.10

Issue

Section

Artikel

Citation Check