PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN ECOBRICK PADA PROGRAM SAJATI DI DESA WANAYASA

Ismet Firdaus, Anggita Chairunissa

Abstract


Permasalahan sampah anorganik yang menggunung disebabkan karena kurang edukasinya masyarakat terhadap pengelolaan sampah yang baik,  Selain karena kurangnya edukasi, penyebab terjadinya penumpukan sampah terutama sampah anorganik yaitu karena jarak antara rumah warga dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) cukup jauh yang menyebabkan masyarakat malas membuang dan dibiarkan berserakan di lingkungannya. Salah satu cara yang bisa digunakan masyarakat Desa wanayasa untuk menanggulangi sampah anorganik terutama plastik yaitu melalui Ecobrick atau pemanfaatan kembali sampah plastik melalui media botol. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Pelayanan Desa (UPD) Wanayasa yang bertempat di Jalan Syah Bandar Rt.9 Rw.4, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. saat dilaksanakannya Program Sajati, yaitu suatu program kerja bakti membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh para ibu-ibu penerima bantuan sosial dari pemerintah. Pemilihan informan dalam penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Melaksanakan program Praktikum II melalui penyuluhan dan ajakan dalam pembuatan Ecobrick, 2) Melatih mahasiswa dan masyarakat untuk memanfaat sampah plastik menjadi bahan yang bermanfaat dan lebih bernilai, 3) Meningkatkan kesadaran masyarakat agar membuang sampah sesuai jenisnya. Adapun Kendala dalam Program pembuatan ecobrick yakni perspektif masyarakat memiliki kesulitan dalam proses pencarian botol yang sesuai, sulit dalam proses pembuatan, dan kurang merasa kebermanfaatan. Sedangkan perspektif perangkat desa kurangnya sosialisasi sehingga pengetahuannya masih terbatas.  Dalam menjalankan Program Sajati dan ecobrick tentunya memiliki dampak bernilai positif yakni kebersihan lingkungan Desa Wanayasa dan mampu mempererat jalinan kekeluargaan antar masyarakat bahkan dapat mewadahi desa untuk menyampaikan informasi dan aspirasi.

Kata kunci: Desa Wanayasa, Ecobrick, Pemberdayaan Perempuaan, Program Sajati


Full Text:

PDF

References


Alendra Yusiyaka, R., Dwi Yanti, A., Masyarakat, P., Ibn Khaldun Bogor, U., & Soleh Iskandar Km, J. K. (n.d.). Ecobrick Solusi Cerdas Dan Praktis Untuk Pengelolaan Sampah Plastik. In Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (Vol. 5, Issue 2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC

Azmiyati, U., & Jannah, W. (n.d.). Nomor 2 (Marer) 2021. Hal (Vol. 1).

Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143.

Gultom, H., Kindangen, P., & Kawung, G. M. V. (2021). Analisis Pengaruh Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) DAN Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Kemiskinan di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 21(1), 39–53.

Hia, E. E. (2019). The Role of The Supervisor Board in Improving Drinking Water Service For The Community of Tangerang Regency. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, XI(2), 40.

Imam Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik (I. Gunawan, Ed.). PT. Bumi Aksara.

Istirokhatun, T., & Dwi Nugraha, W. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN ECOBRICKS SEBAGAI PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK DI RT 01 RW 05, KELURAHAN KRAMAS, KECAMATAN TEMBALANG, SEMARANG. In JURNAL PASOPATI (Vol. 1, Issue 2). http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati

Joflius Dobiki. (2018). ANALISIS KETERSEDIAN PRASARANA PERSAMPAHAN DI PULAU KUMO DAN PULAU KAKARA DI KABUPATEN HALMAHERA UTARA. Jurnal Spasial, 5(2), 220–228.

KemenkoPMK. (2023). 7,2 Juta Ton Sampah Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik. Https://Www.Kemenkopmk.Go.Id.

Prabowo, Y. A. (2021). REVIEW : ANALISA DAMPAK LINGKUNGAN DISEKITAR INDUSTRI PETROKIMIA (ANALYSIS OF ENVIRONMENTAL IMPACTS AROUND THE PETROCHEMICAL INDUSTRY : A REVIEW). Jurnal Petro  Juli, 2, 2021. http://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/petro

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (sugiyono, Ed.). Alfabeta.

Waste4change. (2023). Contoh Sampah Anorganik + Pengertian, Jenis dan Manfaatnya. Https://Www.Waste4change.Com.




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i1.1513

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.