PEMBERDAYAAN PENGETAHUAN SISWA TERKAIT DENGAN DAMPAK PERUBAHAN IKLIM PADA LINGKUNGAN HIDUP

Ilmi Zajuli Ichsan, Sri Nurafifah

Abstract


Isu lingkungan hidup adalah sebuah isu yang sangat penting untuk dipahami oleh Masyarakat secara umum, khususnya terkait dengan perubahan iklim. Masalah lingkungan sangat banyak dan beragam sehingga harus bisa dipecahkan salah satunya melalui pendekatan Pendidikan yaitu pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan pengetahuan siswa SMK terkait dengan isu lingkungan perubahan iklim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan seminar yang dilakukan secara daring (online). Responden dari kegiatan ini adalah siswa SMKN 1 Jakarta yang juga mengisi pre-test sebelum pemaparan materi dan mengisi post-test sesudah pemaparan materi. Hasil dari kegiatan ini adalah bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa SMK dari pre-test (22.18) menuju ke post-test (50.62). Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang sudah dilakukan adalah bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa SMK terkait dengan isu perubahan iklim

Full Text:

PDF

References


Astuti, P. (2017). Peningkatan motivasi dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan melalui media fotonovela. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1783

Coyle, K. J. (2020). Green Schools in the United States. In International Explorations in Outdoor and Environmental Education (pp. 385–401). Springer Science and Business Media B.V. https://doi.org/10.1007/978-3-030-46820-0_21

Fitria, R. A., Rukun, K., Irfan, D., Dewi, M., Susanti, R., Sefriani, R., & Rasmita. (2019). New literacy oriented ict guidance module era of industrial revolution 4.0 in improving humanity literacy of students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1074–1078. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85073588465&partnerID=40&md5=dfbff418c771125cfc2c6a28adf86c2f

Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction, 10(01), 101–116. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a

Goldman, D., Ayalon, O., Baum, D., & Weiss, B. (2018). Influence of ‘green school certification’ on students’ environmental literacy and adoption of sustainable practice by schools. Journal of Cleaner Production, 183, 1300–1313. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.02.176

Kivunja, C. (2015). Teaching students to learn and to work well with 21st century skills: Unpacking the career and life skills domain of the new learning paradigm. International Journal of Higher Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1

Sadijah, C., Murtafiah, W., Anwar, L., Nurhakiki, R., & Cahyowati, E. T. D. (2021). Teaching higher-order thinking skills in mathematics classrooms: Gender differences. Journal on Mathematics Education, 12(1), 159–179. https://doi.org/10.22342/jme.12.1.13087.159-180

Tajudin, N. M., & Chinnappan, M. (2016). The link between higher order thinking skills, representation and concepts in enhancing TIMSS tasks. International Journal of Instruction, 9(2), 199–214. https://doi.org/10.12973/iji.2016.9214a

van der Veen, C., & van Oers, B. (2017). Advances in research on classroom dialogue: learning outcomes and assessments. Learning and Instruction, 48, 1–4. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2017.04.002

Vidergor, H. E. (2018). Effectiveness of the multidimensional curriculum model in developing higher-order thinking skills in elementary and secondary students. Curriculum Journal, 29(1), 95–115. https://doi.org/10.1080/09585176.2017.1318771

Wall, T. F. (2015). The transferability of higher order cognitive skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 233–238. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.652




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i1.1495

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.