IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKASI DI KECAMATAN CABANGBUNGIN KABUPATEN BEKASI

Deden Dicky Dermawan

Abstract


Tujuan kegiatan PKM yang dilakukan oleh tim dosen di Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi adalah untuk melakukan sosialisasi kepada guru-guru agar dapat memahami tentang kurikulum terbaru yaitu kerikulum merdeka. Metode pelaksanaan dilakukan dengan tiga tahap. Pertama, memberikan sosialisasi kepada guru-guru ; kedua, diskusi menganai implemntasi kurikulum merdeka; dan ketiga melakukan penyampaian-penyampain kendala dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru di Kecamatan Cabangbungin sangat antusias dalam mengenal, mempelajari, dan memahami implementasi kurikulum merdeka sebagai alternatif pembelajaran di masa sekarang. Simpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru lebih kreatif dan inovatif dengan mencoba menerapkan kurikulum merdeka yang sangat bermanfaat untuk digunakan di sekolah maupun di kelas. Saran untuk pihak sekolah sebaiknya dapat memfasilitasi kebutuhan guru dalam implementasi kurikulum merdeka baik dari laptop maupun jaringan internet agar pembelajaran dapat berjalan efektif.


Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Fatma, N. E., & Mustafa, E. (2016). The effects of student-content interaction on academic performance in distance-learning courses. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 7(3), 60–68. www.ijonte.org

Fensham, P. J. (2016). The Future Curriculum for School Science: What Can Be Learnt from the Past? Research in Science Education, 46(2). https://doi.org/10.1007/s11165-015-9511-9

Gedvilienė, G., Tūtlys, V., Lukošūnienė, V., & Zuzevičiūtė, V. (2018). Development of the profession and qualifications of adult educators in Lithuania in the context of reforms of adult education. International Review of Education, 64(4). https://doi.org/10.1007/s11159-018-9704-3

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166–177. http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/186

Serdenciuc, N. L. (2016). Being a Teacher in a Digital Era. International Journal of Social and Educational Innovation, 3(5), 73–80.

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BDR. Elex Media Komputindo.

Yusuf, A. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pada Sma Negeri 1 Buengcala. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i1.1339

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.