PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA GURU SMA NEGERI BALI MANDARA

Ketut Queena Fredlina, Putri Anugrah Cahya Dewi

Abstract


Abstract: This community service aims to enhance the competency in instructional material development at SMAN Bali Mandara by utilizing a digital educational platform called Wizer.me. Through the utilization of this platform, it is expected that the teachers at SMAN Bali Mandara can expand their skills in designing engaging, interactive, and technology-based instructional materials. Furthermore, the use of this platform is also expected to enrich students' learning experiences and enhance their engagement in the learning process. Intensive training will be conducted for the teachers to master the utilization of Wizer.me in this community service program. Additionally, direct mentoring will be provided by the service team in instructional material development. Evaluation and feedback will be collected to assess the effectiveness of the platform usage and its impact on the competency in instructional material development.

Keywords: digitalization, instructional materials, learning media, Wizer.me

Abstrak: Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengembangan bahan ajar di SMAN Bali Mandara dengan memanfaatkan platform digital pendidikan, yaitu Wizer.me.. Melalui penggunaan platform ini, diharapkan guru-guru di SMAN Bali Mandara dapat memperluas keterampilan mereka dalam merancang bahan ajar yang menarik, interaktif, dan berbasis teknologi. Selain itu, penggunaan platform ini juga diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Dalam pengabdian ini, akan diselenggarakan pelatihan intensif bagi para guru dalam menguasai penggunaan Wizer.me. Selain itu, juga akan dilakukan pendampingan secara langsung dalam pengembangan bahan ajar oleh tim pengabdian. Evaluasi dan umpan balik akan dikumpulkan untuk mengevaluasi keefektifan penggunaan platform dan dampaknya terhadap kompetensi pengembangan bahan ajar.

Kata kunci: digitalisasi, bahan ajar, media pembelajaran, Wizer.me


Full Text:

PDF

References


A, N., & Rahman, A. W. (2023). Digitalisasi Pembelajaran Di Sekolah. Journal on Education, 5(2), 5238–5246.

Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer.Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi) (Vol. 8, Issue 1).

Fredlina, K. Q., & Dewi, P. A. C. (2022). Digitalisasi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Petang, Bali. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2762–2766.

Khoiri, A., Mastiah, M., Mardiana, M. (2022). LITERASI DIGITAL BAGI GURU DAN CALON GURU SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2).

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Rahmadani, E., & Azirila Putri, F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Interaktif Menulis Deskriptive Text Menggunakan Media Wizer dalam Mempromosikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas 8 Di MTSN 2 Medan. In BAHAS (Vol. 32).

Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Amrullah, L. W. Z. (2023). Pemanfaatan Website Wizer Me untuk Mengembangkan E-LKPD Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i1.2527




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i2.1226

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.