Sosialisasi Bijak Dalam Menggunakan Sosmed Di Kalangan Remaja Pada Siswa SMA Swasta Iskandar Muda

eka chyntia, Fauzan Fauzan, Faisal Faisal

Abstract


Indonesia yang telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang menyebabkan penggunaan internet dan tehnologi digital terus berkembang pesat dalam kehidupan sehari hari. Di usia 15-17 tahun juga sudah menjadi usia yang cukup bagi mereka untuk memahami bagaimana mengakses internet untuk kebutuhan pendidikan, hiburan bahkan bersosialisasi dengan orang lain. Dengan pemahaman yang baik dalam mengakses internet ini, kadang mereka melupakan bahwa ada norma dan etika tersendiri di dalam penggunaan internet. permasalahan yang sangat serius dan perlu solusi nyata adalah bagaimana cara bijak dalam menggunakan sosial media agar masyarakat dapat terhindar dari berbagai persoalan seputar dampak bahaya internet di kalangan remaja dan tentunya hal ini mesti dibarengi dengan memberikan pengetahuan kepada remaja dan pelajar bagaimana cara menggunakan internet dengan bijak dan lebih positif. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan tema “Sosialisasi Bijak Dalam menggunakan Sosmed Di kalangan Remaja” pada siswa menengah atas dilakukan selama satu hari dan di ikuti sebanyak 30 0rang. Hasil sosialisasi dari pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa mereka telah memahami hal-hal penting dalam menggunakan internet selain memperhatikan aspek kemanfaatan dan kebaikan, namun juga mesti memperhatikan kemudharatan dan keburukan yang setiap saat mengintai para penggunanya. kegiatan sosialisasi terlaksana dengan baik, lancar dan sukses.


Full Text:

PDF

References


Ardiputra, Septiawan et al. 2023. “SOSIALISASI DAMPAK BAHAYA INTERNET PADA.” 1(2): 48–55. https://asianpublisher.id/abdimas/index.php/publica/article/view/12.

Firmansyah, Hery et al. 2022. “PEMAHAMAN UU ITE BAGI GENERASI MILENIAL DALAM POSTINGAN DI SOSIAL MEDIA.” 2(1): 202–8. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSENAPENMAS/article/view/21040.

Kemp, Simon. “Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021.” DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia.

Mukaromah, D L, A H Sofac, M W Munawar, dan ... 2022. “Upaya Meningkatkan Etika Bermedia Sosial bagi Remaja di Masa Pandemi di Desa Banyurojo.” Jurnal Bina … 4(1): 135–48. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa/article/view/32258%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa/article/download/32258/13948.

Pratama, M.A, F Hasmawati, dan S Duku. 2023. “Analisis RSP Production Sebagai Media Konten Marketing Pada Masa Covid – 19 di Instagram.” Jurnal Ilmu KomunikasiDan Media Sosial (JKOMDIS) 3(1): 386–92. http://jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/view/674/614.

Ramdhan, William, Nofriadi, dan Dahriansyah. 2021. “Masyarakat Bijak Dalam Memanfaatkan Sosial Media Di Era Society 5.0.” Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat 1(2): 159–64. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM.

Whyuningratna, Ratu Nadya, dan Fitria Ayuningtyas. 2022. “Edukasi Penggunaan Internet Dan Penerapan Etika Di Dunia Maya Oleh Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pasopati 4(1): 45–52.




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i2.1080

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.