PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Nanga Pinoh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas visual sebesar 40,54%, pada siklus II sebesar 72,97% dan pada siklus III sebesar 100%. Aktivitas motorik pada siklus I sebesar 78,38%, pada siklus II sebesar 94,59% dan pada siklus III 100%. Aktivitas oral siswa pada siklus I (18,92%), pada siklus II (35,14%) dan pada siklus III (40,54%). Aktivitas menulis siswa pada siklus I sebesar 45,95%, pada siklus II sebesar 78,38% dan pada siklus III sebesar 91,89%. Aktivitas siswa dalam mendengarkan pada siklus I sebesar 5,41%, pada siklus II sebesar 18,92% dan pada siklus III sebesar 21,62%. Aktivitas drawing siswa pada siklus I sebesar 8,11%, pada siklus II sebesar 13,51% dan pada siklus III sebesar 21,62%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 54,05%, pada siklus II sebesar 59,45% dan pada siklus III sebesar 75,68%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010. 34 Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2005 .Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ningsih. 2008. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Ketapang Pada Pembelajaran Matematika Melalui Cooperative Learning Teknik Numbered Heads Together. Pontianak: FKIP UNTAN.
Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiadnyana, I. W. Sadia, I.W, Suastra, I.W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA. Vol.4:1-13
DOI: https://doi.org/10.46368/bjpd.v3i1.756
Article Metrics
Abstract view : 128 timesPDF - 93 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.