PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MR.DIY DI PANGKAL PINANG
DOI:
https://doi.org/10.46368/bjpd.v6i1.4230Abstract
This study aims to determine the extent of the influence of product differentiation strategies on consumer purchasing decisions at MR.DIY. Product differentiation is one of the marketing strategies used by companies to create added value in their products so that they appear more attractive than competing products. This study uses a quantitative approach with a survey method through the distribution of questionnaires to consumers who have shopped at MR.DIY. The analysis results indicate that product differentiation has a positive and significant influence on purchasing decisions. This means that the more diverse and unique the products offered, the higher the likelihood of consumers purchasing those products. These findings confirm that differentiation strategies are one of the important factors in increasing the appeal and purchasing decisions of consumers in the retail industry.
Keywords: Product Differentiation Strategy, Purchase Decision, MR.DIY, Marketing, Consumers.
References
Akbar, Syaifu; Sjahruddin, Herman; Tangngisalu, Jannati; Syahrani, Poppy Nahdia. (2019). Dampak Promosi, Harga, Dan Diferensiasi Produk Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Dan Manajemen.
Andini Dwi Rahmawat; Devi Purnilasari; Deyva Putri Juhanto; Jeklyn Syafa Illiyin; Dian Sudiantini. (2024). STRATEGI DIFERENSIASI: CARA MENONJOLKAN PRODUK DI PASAR KOMPETITIF. Jurnal Ilmiah Neraca Manajemen, Ekonomi.
Dandi Palaguna; Agustina Mutia; Ahmad Syahrizal. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Kopi Liberika Tungkal Di Gerai UMKM Mekar Jaya Kecamatan Betara. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi.
Ernawati, Farah Aulia. (2024). Pengaruh Strategi Pemilihan Pasar, Diferensiasi Produk, dan Aliansi Strategis terhadap Keunggulan Bersaing.
Fahim Amanatullah; Tri Palupi Robustin; Nur Latifa Isnaini Putri. (2024). Keputusan Pembelian pada MR. DIY Lumajang yang dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Harga dan Promosi. Jurnal Usaha.
Febby Gita Cahyani; Sonang Sitohang . (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Ferdiana, Ayu Sandra; Adi, Bayu. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. 2746-8607.
Imanuel, R., Tinneke, S., Tumbel, M., & Mukuan, D. D. (2023). Pengaruh Diferensiasi dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Aldo Rinaldo Atelier.
Irfandi, B., & Chairiyaton, C. (2025). Pengaruh Brand Image dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di MR. DIY Aceh Barat. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 61-73.
Kiraman, Apniati; Abidin Umar, Zainal. (2022). Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. JAMBURA.
Lae, Arianto M; Salean, Debryana Y; Dhae, Yosefina K I D D, Kurniawati, Merlyn. (n.d.). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO MR. D.I.Y DI KOTA KUPANG. 2024.
Ma’arif, A. I. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Maharani, A. (2024). Strategi Diferensiasi Produk dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis.
Ma'ruf Hardiansyah, M. (n.d.). PENGARUH PRODUK, E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI CITRA MEREK. 2024.
Nazaruddin, Erizal; Mawadda, Firli; Maharan, Riska; Marwan, Rezki Eza; Hani, Fadhlan. (2024). Pengaruh Harga, Keragaman Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di MR. DIY Kota Payakumbuh. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Nurzaini, Yusuf; Khasanah, Imroatul. (2018). ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, CITRA MEREK, PREFERENSI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 1-11.
Reni Anggraini; Christina Dewi Wulandari: Sriyanto; Fema Dewita. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK, DIRECT. Journal of Business Finance and Economic (JBFE).
Tehuayo, E. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, dan Iklan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Sunsilk di Kota Ambon. 1745-7257.
Yuvira, Ira Arnie; Siregar, M. Yamin; Sabrina, Hesti. (2021). Pengaruh Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu di Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI).
Zuzmawati Zuzmawati; Silvi Wulandari. (2024). Pengaruh Diferensiasi Produk,Penetapan Harga,dan kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah, 163-179.