OPTIMALISASI CERITA RAKYAT NUSANTARA SEBAGAI SARANA INTERNALISASI ETIKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i1.3634Abstract
Abstract: Character education plays an important role in forming students with high morals and ethics. This study aims to examine the optimization of folklore as a means of internalizing ethics in character education in elementary schools. The method used is qualitative through literature studies and observations of folklore-based learning practices. The results of the study indicate that the use of folklore interactively through reflective discussions, role-playing, and digital media can improve students' understanding and involvement in moral values. Teachers who apply creative methods in conveying stories are also able to foster students' interest in character values such as honesty, hard work, and mutual cooperation. This optimization not only strengthens character education, but also contributes to the preservation of local culture.
Â
Keywords: Folklore, Internalization of Ethics, Character Education
Abstrak: Pendidikan karakter memegang peranan penting dalam membentuk siswa yang berakhlak dan bermoral tinggi. Penelitian ini bertujuan mengkaji optimalisasi cerita rakyat sebagai sarana internalisasi etika dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui studi literatur dan observasi praktik pembelajaran berbasis cerita rakyat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan cerita rakyat secara interaktif melalui diskusi reflektif, permainan peran, dan media digital dapat meningkatkan pemahaman serta keterlibatan siswa terhadap nilai-nilai moral. Guru yang menerapkan metode kreatif dalam menyampaikan cerita juga mampu menumbuhkan minat siswa terhadap nilai-nilai karakter seperti kejujuran, kerja keras dan gotong royong. Optimalisasi ini tidak hanya memperkuat pendidikan karakter, tetapi juga berkontribusi dalam pelestarian budaya lokal.
Kata kunci: Cerita Rakyat, Internalisasi Etika, Pendidikan Karakter
References
Azkia, M. (2024). Upaya Membangun
Karakter Melalui Literasi Sejak Usia Dini.
Jurnal Naafi, 2(1), 23–30.
https://jurnal.stkipmajenang.ac.id/index.php/naafi/article/vie
w/108
Azhary, M., Andriana, R., & Hasan, A.
(2024). Penguatan Pendidikan Karakter
Berbasis Nilai Kearifan Lokal melalui
Integrasi dalam Kurikulum Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter
Nusantara, 6(1), 14–25.
Carter, N., Bryant-Lukosius, D., DiCenso,
A., Blythe, J., & Neville, A. J. (2014). The
Use of Triangulation in Qualitative
Research. Oncology Nursing Forum,
(5), 545–547.
Darley, J. M., Batson, C. D., & Messick,
D. M. (2020). Moral Decision Making:
The Influence of Social Context and
Interpersonal Factors. Journal of
Personality and Social Psychology,
(4), 567–579.
Fajrideani, W., Sumiyadi, & Nugroho, R.
A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar
Digital Storytelling Cerita Rakyat untuk
Meningkatkan Kemampuan Bernalar
Kritis Siswa di SMA. Jurnal Onoma,
(3), 150–164. https://ejournal.my.id/onoma/article/view/4075
Fauzi, A., & Hasanah, U. (2024). Dimensi
Filosofis Pendidikan Karakter dalam
Perspektif Pendidikan Nasional. Jurnal
Filsafat dan Pendidikan, 9(1), 33–44.
Izzati, U. A., Bachri, B. S., Sahid, M., &
Indriani, D. E. (2019). Character
Education: Gender Differences in Moral
Knowing, Moral Feeling, and Moral
Action in Elementary Schools in
Indonesia. Journal for the Education of
Gifted Young Scientists, 7(3), 547–556.
https://doi.org/10.17478/jegys.606340
Miles, M. B., Huberman, A. M., &
Saldaña, J. (2019). Qualitative Data
Analysis: A Methods Sourcebook (4th
ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi
Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT
Remaja Rosdakarya.
Neuroetika, R., Hidayat, R., & Prasetyo,
A. (2022). Neuroetika dan pembentukan
moralitas: Telaah neurosains dalam
pendidikan karakter. Jurnal Etika dan
Moral, 4(2), 90–102.
Sriningsih, S., Mastiah, M., & Mardiana,
M. (2022). Peranan Orang Tua dalam
Pembentukan Karakter Siswa Kelas II
SDN 1 Ella Hilir. Bestari: Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 47–52.
https://doi.org/10.46368/bjpd.v3i1.895
Dharma Kesuma, T. (2024). Tujuan
Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 21(1),
-17.
Irawati, S., & Adi, D. (2024). Pendidikan
Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Karakter, 17(2), 45-53.
Sari, M. (2023). Prinsip-prinsip
Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 32-40.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suwartini, L. (2023). Model Pendidikan
Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal
Pembangunan Pendidikan, 10(4), 23-31.
Triana, R. (2024). Pendidikan Karakter
Berbasis Pancasila dan Kearifan Lokal
dalam Pembelajaran SD. Jurnal
Pendidikan Dasar, 10(1), 50–62.
Widyastuti, A. (2019). Nilai Moral dalam
Cerita Rakyat dan Relevansinya dalam
Pembelajaran. Jurnal Bahasa dan Sastra,
(2), 123–134.
Wijayanti, R. (2024). Metode
Implementasi Pendidikan Karakter di
Sekolah Dasar. Jurnal Guru dan
Pembelajaran, 15(3), 67-75.
Zaidan, A. (2002). Cerita Rakyat dan
Nilai Moral Anak. Surabaya: Lembaga
Literasi Rakyat