EFEKTIVITAS MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM OPTIMALISASI KINERJA GURU

Authors

  • Wahyudi Widodo STAI Ma’had Aly Alhikam Malang

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i1.3534

Abstract

Supervisi kepala madrasah memiliki peran strategis dalam meningkatkan kinerja guru melalui pembinaan dan evaluasi yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas manajemen supervisi kepala madrasah dalam optimalisasi kinerja guru berdasarkan studi literatur. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai sumber akademik, termasuk jurnal, buku, dan penelitian terdahulu terkait supervisi pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa supervisi yang efektif mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru, mendorong inovasi pembelajaran, serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih profesional. Strategi supervisi yang diterapkan kepala madrasah, seperti supervisi akademik, supervisi klinis, dan supervisi kolaboratif, berperan dalam membangun budaya reflektif dan meningkatkan motivasi guru. Namun, beberapa faktor seperti keterbatasan sumber daya, beban kerja kepala madrasah, serta resistensi guru dapat menjadi hambatan dalam implementasi supervisi. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih adaptif, termasuk pemanfaatan teknologi dan model supervisi berbasis kebutuhan guru. Studi ini merekomendasikan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas supervisi berbasis digital serta pengaruhnya terhadap peningkatan kualitas pengajaran. Dengan supervisi yang optimal, diharapkan mutu pendidikan di madrasah dapat terus berkembang secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Widodo, W. (2025). EFEKTIVITAS MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM OPTIMALISASI KINERJA GURU. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 83–96. https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i1.3534

Issue

Section

Articles

Citation Check