SURVEI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN MENGAJAR, SARANA/PRASARANA PEMBELAJARAN DAN LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK
DOI:
https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i1.2997Abstract
Abstract: This study aims to evaluate the level of student satisfaction with three main aspects of the educational environment in higher education: lecturer performance in teaching, learning facilities/infrastructure, and academic administration services. This research uses a quantitative approach method with data collection techniques through questionnaire survey instruments specifically designed to measure student perceptions and satisfaction in each aspect studied. The results showed that the level of student satisfaction with the performance of lecturers in teaching was generally high, but there were several indicators that required special attention, such as the provision of learning media in the teaching and learning process. Learning facilities/infrastructure received mixed responses; some facilities are considered adequate, while others still need to be improved, especially in terms of accessibility and comfort. Academic administration services also received an overall positive response, although some aspects, such as service efficiency and responsiveness, still need to be improved.
Keywords: Lecturer Performance, Facilities / Infrastructure, Administrative Services, Academic Student Satisfaction
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap tiga aspek utama dalam lingkungan pendidikan di perguruan tinggi: kinerja dosen dalam mengajar, sarana/prasarana pembelajaran, dan layanan administrasi akademik. Dalam penelitan ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui instrumen survei kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur persepsi dan kepuasan mahasiswa pada setiap aspek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam mengajar umumnya tinggi, namun terdapat beberapa indikator yang memerlukan perhatian khusus, seperti diadakannya media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar. Sarana/prasarana pembelajaran mendapat tanggapan yang beragam; beberapa fasilitas dinilai memadai, sementara yang lain masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal aksesibilitas dan kenyamanan. Layanan administrasi akademik juga mendapatkan tanggapan yang positif secara keseluruhan, meskipun beberapa aspek, seperti efisiensi dan responsivitas layanan, masih perlu ditingkatkan.
Kata Kunci: Kinerja Dosen, Sarana/Prasarana, Layanan Administrasi, Akademik Kepuasan Mahasiswa
References
Adiawaty, S. (2020). Pandemi Covid-19 dan kinerja dosen (Studi kasus kinerja dosen pada PT XYZ). Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 185–191.
Ahen, L. (2020). Studi analisis kemampuan pengelolaan kecerdasan interpersonal dengan prestasi mahasiswa perguruan tinggi keagamaan negeri di Kalimantan Barat. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 54–65.
Along, A. (2020). Kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 94–99.
Cahyani, G. H. N., & Trihantoyo, S. (2020). Pengaruh kinerja dosen dan layanan administrasi akademik tenaga kependidikan terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(2), 50–60.
Dunggio, T. (2023). Hubungan antara sarana prasarana, kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa: Perspektif dan implikasinya. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 4(3), 92–100.
Ika Rahmawati, R. (2023). Pengaruh kinerja dosen, kualitas layanan administrasi akademik tenaga kependidikan dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Majid, A., Nurdiana, R., Mas’adah, N., Faizah, E. N., & Astuti, S. Y. (2020). Kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan. Jesya: Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 3(2), 413–425.
Oktapiani, M., Sutiono, S., Choli, I., & Warlizasusi, J. (2021). Survei kepuasan mahasiswa Fakultas Agama Islam terhadap kualitas pelayanan pendidikan dengan pendekatan service quality. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 693–708.
Sholihannisa, L. U., & Ma’sum, H. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam pembelajaran dengan model block system learning. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(2), 383–392.
Suardika, I. B., & Indriani, S. (2023). Pengarukualitas layanan administrasi akademik tentang kepuasan mahasiswa. Jurnal Flywheel, 14(1), 29–33.
Takdir, N., Loho, A., & Logo, A. (2021). Kesiapan belajar mahasiswa program studi agronomi menghadapi digitalisasi pendidikan. Jurnal Holan, 1(1), 19–24.
Wibowo, D., Khoiri, A., & Waridah, W. (2023). Internalisasi nilai pendidikan sosial dalam menumbuhkan kepedulian sosial mahasiswa STKIP Melawi. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 70–81.