Strategi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Manejemen Arsip Dinamis: Studi Kasus di Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran
DOI:
https://doi.org/10.46368/bjpd.v6i1.2916Abstract
References
A’rop, Y., & Hadi, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran IPS Berbasis Project-Based Learning dengan Kearifan Lokal di SMPIT BBS Bogor. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(2), 702–713.
Almulla, M. A. (2020). The effectiveness of the project-based learning (PBL) approach as a way to engage students in learning. Sage Open, 10(3), 2158244020938702.
Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Prisma, 10(2), 255–263.
Daniel, F. (2017). kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7–13.
de Luca Canto, C. A. R., Silveira, M. S., Piana, V. J., & Endres, C. M. (2023). Project-based learning: A scope review to support the teaching process in higher education. Seven Editora.
Dolmans, D. H. J. M. (2019). How theory and design-based research can mature PBL practice and research. Advances in Health Sciences Education, 24(5), 879–891.
Farhin, N., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan" project based-learning". Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 132–136.
Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan kemandirian belajar: Merdeka belajar sebagai kunci sukses mahasiswa jarak jauh. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–215.
Khumaeroh, A. A., & RA Djamaris, A. (2023). Analisis Sumber Internal dan Ekternal dalam Peningkatan Softskills Mahasiswa di Lingkungan Universitas Bakrie (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Semester Delapan Universitas Bakrie Tahun 2023). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 6(2), 133–148.
Kolb, B. (1984). Functions of the frontal cortex of the rat: a comparative review. Brain Research Reviews, 8(1), 65–98.
Krisnawati, V., & Martha, N. U. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Melalui Project-based Learning. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(1), 1–6.
Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1), 2.
Piaget, J. (1976). Piaget’s theory. Springer.
Pratiwi, D. (2024). Upaya Program Studi Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Soft Skills Mahasiswa Melalui Kurikulum Merdeka Di Universitas Jambi. Universitas Jambi.
Rodin, R., Novalia, M., Rosalina, V., & Himatujaria, L. (2023). Kebijakan pengembangan dan peningkatan mutu sumber daya manusia kearsipan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 5(2), 22–43.
Saifullah, A. (2018). Implementasi Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Soft Skills dan Kualitas Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2).
Silva, A. B. Da, Bispo, A. C. K. de A., Rodriguez, D. G., & Vasquez, F. I. F. (2018). Problem-based learning: A proposal for structuring PBL and its implications for learning among students in an undergraduate management degree program. Revista de Gestão, 25(2), 160–177.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan interdepedensi sosial sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231–239.
Trisdiono, H., Siswandari, S., Suryani, N., & Joyoatmojo, S. (2019). Multidisciplinary integrated project-based learning to improve critical thinking skills and collaboration. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(1), 16–30.
Tzuriel, D., & Tzuriel, D. (2021). The socio-cultural theory of Vygotsky. Mediated Learning and Cognitive Modifiability, 53–66.
Yunda, N. R., Sukaesih, S., & Prahatmaja, N. (2022). Pengelolaan arsip dinamis dalam menunjang tertib administrasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 638–648.