IMPLEMENTASI SUMBANG DUA BELAS DALAM KEGIATAN MUATAN LOKAL KEMINANGKABAUAN DI SMPN 3 PADANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2863

Abstract

Abstract: Minangkabau culture is one of Indonesia’s proud cultures. One of the Minangkabau cultures, namely “sumbang duo baleh†can provide lessons about the mistakes that must be avoided so that students’ behavior is in accordance with the values and norms of the Minangkabau community. The objectives of this study were to determine the values and methods, as well as obstacles and support in the implementation of sumbang duo baleh in local Minangkabau content activities at Public Junior High School 3 Padang. This study was a qualitative approach by a case study design, the researcher was as key instrument. The method of collecting data was by interviews, participatory observation, and document analysis. The results of the present study that the values of the Minangkabau tradition of sumbang duo baleh related to ethics and behavior are still relevant and need to be taught to students, the method of implementing sumbang duo baleh at Public Junior High School 3 Padang uses an integrative approach, cultural values are included in various subjects and extracurricular activities, and support from the school and community is very important to the success of the implementation of sumbang duo baleh. Keywords: ethics, minangkabau, local content, norms, sumbang duo baleh Abstrak: Kebudayaan Minangkabau merupakan salah satu budaya Indonesia yang membanggakan. Salah satu budaya Minangkabau yakni “sumbang duo baleh†dapat memberikan pelajaran tentang bentuk-bentuk kesalahan yang harus dihindari sehingga perilaku peserta didik sesuai dengan nilai dan norma masyarakat Minangkabau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai dan metode, serta kendala maupun dukungan dalam implementasi sumbang duo baleh pada kegiatan muatan lokal keminangkabauan di SMPN 3 Padang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, peneliti menjadi instrumen kunci. Metode mengumpulkan data adalah berupa wawancara, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai-nilai tradisi Minangkabau sumbang duo baleh yang berkaitan dengan etika dan perilaku masih relevan dan perlu diajarkan kepada siswa, metode implementasi sumbang duo baleh di SMPN 3 Padang menggunakan pendekatan integratif, dimana nilai-nilai budaya dimasukkan dalam berbagai mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler, serta dukungan dari pihak sekolah dan masyarakat sangat penting dalam keberhasilan implementasi sumbang duo baleh. Kata Kunci: etika, minangkabau, muatan lokal, norma, sumbang duo baleh

Author Biography

Metsra Wirman, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Manuscripts; Pendidikan Islam; Tasawuf; Filsafat Islam; Islamic Civilization

References

Akhyar, M., Deliani, N., Batubara, J., & Gusli, R. A. (2023). Studi Analisis Pendidikan Budaya Alam Minangkabau terhadap Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Dasar. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 193-206.

Bashori, B., & Ardinini, A. M. (2021). Kebijakan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Minangkabau di SD/SMP Kota Pariaman sebagai Upaya Pelestarian Budaya. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 91-105.

Fithri, W. (2019). Internalisasi Nilai Budaya Lokal Minangkabau pada Santri Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. Jurnal Al-Aqidah, 11(1), 44-52.

Illahi, R. K., Yunita, R., Rahmawati, D. N. U., & Vrika, R. (2021). The Existence of Minangkabau Culture Subject in the Curriculum of 2013. Global Conferences Series: Social Sciences, Education and Humanities, 11(1), 120-123.

Mahrunisa, F., Mulyani, E., & Budiyono, A., (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pertunjukan Seni Cowongan di Banyumas. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 36-46.

Mutia, U. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Muatan Lokal SMP di Kota Pontianak. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 360-368.

Namira, C., & Siswanto, A. (2021). Perancangan Board Game “Cindua Mato†sebagai Media Alternatif Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau untuk Anak - Anak di Kota Bukittinggi. eProceedings of Art & Design, 8(6).

Sofiani, N., Fitrisia, A., & Ofianto. (2022). Filsafat Ilmu terhadap Sumbang 12 (Duo Baleh) Terkhusus pada Sumbang Kato, Sumbang Pakai, Sumbang Bagaua dalam Kehidupan Generasi Milenial di Minangkabau. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 2543-2549.

Susilawati, N., Amri, E., Junaidi, J., & Fernandes, R. (2020). Integrasi Pendidikan Al-Qur’an dan Budaya Alam Minangkabau dalam Setting Pembelajaran daring. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 103-109.

Umiyah, I., & Ningsih, T. (2024). Penanaman Nilai Karakter Berbasis Seni Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPS di MI Ma’arif 01 Gentasari. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 133-143.

Yuliasih, R., Roza, M., & Samad, D. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Muatan Lokal Minangkabau di Kelas IV SD/MI. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(1), 31-44.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Wirman, M., Jones, Q., & Ilham, I. (2024). IMPLEMENTASI SUMBANG DUA BELAS DALAM KEGIATAN MUATAN LOKAL KEMINANGKABAUAN DI SMPN 3 PADANG. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 252–263. https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2863

Citation Check