PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2839Abstract
Abstract: Indonesia is a country that has racial, cultural, religious and ethnic diversity. This diversity can also cause conflicts if not managed properly. To prevent the occurrence of these conflicts, multicultural education is needed. Multicultural education is not explicitly mentioned in the National Education System Law, but the Law in the National Education System leads to multicultural education. The research method used is library research by analyzing articles on the implementation of multicultural education in practice which are presented in detail in the table. Implementation has three important aspects, namely, planning in the form of curriculum, implementation in the form of learning methods and evaluation in the form of application or impact of the implementation of the curriculum and teaching methods. In the implementation of multicultural education, there are also challenges and opportunities. The challenges are, the ambiguity of tolerance limits, the tendency of restrictions on homogeneous or similar groups and the lack of understanding of the younger generation in using social media.
Â
Keywords: education, multicultural, implementation
Â
Abstrak: Indonesia merupkan negara yang memiliki keragaman ras, budaya, agama dan etnis. Keberagaman tersebut juga dapat menyebabkan konflik jika tidak di kelola dengan baik. untuk mencegak terjadinya konflik tersebut dibutuhkan pendidikan multikultural. Pendidikan multikultural tidak disebutkan dengan jelas dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, tetapi Undang-Undang dalam Sistem Pendidikan Nasional mengarah pada pendidikan multikultural. Metode penelitian yang digunakan adalah library reseach dengan cara menganalisis artikel-artikel tentang implementasi pendidikan multikultural dalam praktik yang disajikan secara rinci dalam tabel. Pengimplementasian mempunyai tiga aspek penting yaitu, perencanaan yang berupa kurikulum, pelaksanaan yang berupa metode pembelajaran dan evaluasi yang berupa iplikasi atau dampak dari terlaksananya kurikulum dan metode pembeljaran. Dalam pengimplementasian pendidikan multikultural juga mempunyai tantangan dan peluang. Tantangannya yaitu, ambigunya batasan toleransi, kecenderungan pembatasan pada kelompok homogen atau sejenis dan ketidak pahaman generasi muda dalam menggunakan media sosial.sedangkan peluangnya adalah pengembangan kesadaran antar budaya, dapat menciptakan pelajaran yang inklusif, meningkatkan empati dan kecakapan sosial, pemberdayaan individu.
Â
Kata kunci : pendidikan, multikultural, implementasi.
References
Aeni, Kurotul, and Tri Astutik. 2020. “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar.†REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10(c).
Albar, Joni, Deki Wibowo, and Astrid Nabila. 2024. “Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Cerita Masyarakat Kabupaten Melawi Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa Mahasiswa Pgsd Stkip Melawi.†Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(1):58–64.
Ali, Nuraliah, and Syamhudian Noor. 2019. “Pendidikan Islam Multikultural: Relevansi, Tantangan Dan Peluang.†Jurnal Hadrotul Madaniyah 6(I):24–42.
Amalia, Nur Atin, and Dyan Agustin. 2022. “Peranan Pusat Seni Dan Budaya Sebagai Bentuk Upaya Pelestarian Budaya Lokal.†Sinektika: Jurnal Arsitektur 19(1):34–40. doi: 10.23917/sinektika.v19i1.13707.
Ambarudin, R. Ibnu. 2016. “Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Bangsa Yang Nasionalis Religius.†Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 13(1). doi: 10.21831/civics.v13i1.11075.
Atmaja, Thomy Sastra. 2024. “Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik.†Jurnal Basicedu 8(2):1913–26.
Fitri Lintang, Fitri Lintang, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia Dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia.†Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan 11(1):79–85. doi: 10.33061/jgz.v11i1.7469.
Furqon, Mohamad. 2020. “Pendidikan Multikultural Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia.†Jurnal Pendidikan Nusantara: Kajian Ilmu Pendidikan Dan Sosial Humaniora 1(1):1–12.
Hadi, Sufian, M. Fatahurahman Maha, and Azizah Hanum Ok. 2024. “Implementasi Pendidikan Multikultural Di SMP IT Darur Rasyid Silatong Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil.†Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1):6105–13.
Hardi, Etmi, and Mudjiran Mudjiran. 2022. “Diversitas Sosiokultural Dalam Wujud Pendidikan Multikultural, Gender Dan Pembelajaran Berdiferensiasi.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(6):8931–42.
Inayati, Mahfida, Atik Silvia, and Maimun. 2023. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam : Telaah Tentang Model , Kriteria Dan Pendekatan.†Multiverse: Open Multidisciplinary Journal 2(3):465–72.
Matlani, and Aan Yusuf Khunaifi. 2020. “Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.†Jurnal Ilmiah Iqra’ 13(2):81–102.
Mulyadi, Mahfida Inayati, and Maimun. 2024. “Jenis-Jenis Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Telaah Tentang Written Curriculum And Hidden Curriculum).†Jurnal Lentera Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 23(1):98–112.
Munadlir, Agus. 2016. “Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural.†JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2(2):6.
Muqarramah Sulaiman Kurdi. 2023. “Dampak Pendidikan Multikultural Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Indonesia.†Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya 1(6):215–44. doi: 10.61132/morfologi.v2i1.322.
Prasetiawati, Eka. 2017. “Urgensi Pendidikan Multikultur Untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama Di Indonesia.†Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah 1(02):272. doi: 10.32332/tapis.v1i02.876.
Puspita, Yenny. 2018. “Pentingnya Pendidikan Multikultural.†Jurnal Universitas PGRI Palembang 4(1):285–91.
Qadam. 2022. “Implementasi Pendidikan Multikultural Sebagai Adaptasi Pesantren Bali Bina Insani Di Daerah Minoritas Muslim.†Jurnal Penelitian 16(2):247–64.
Rahman, Abdul, Wahyu Naldi, Adiyatna Arifin, and Fazlur Mujahid R. 2021. “Analisis Uu Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia.†JOEAI (Journal of Education and Instruction) 4(1):6.
Ridwanulloh, M. Ubaidillah, Nanda Shollu Anni’matul Armidha, Abdul Mujib, and Agus Miftakus Surur. 2022. “Implementasi Pendidikan Multikultural Jurusan IPS SMA A . Wahid Hasyim Melalui Wisata Edukasi Ke Candi Penataran Kab. Blitar.†Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 20(1):1–16.
Salim, Agus, and Wedra Aprison. 2024. “Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal.†Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 3(1):22–30.
Sari, Aulia Pramita, Erna Zumrotun, and Nina Sofiana. 2023. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Di Sekolah Dasar.†12(2):65–75.
Sarif, Nur Relawati, Yusinta Dwi Ariyani, and Andi Wahyudi. 2023. “Implementasi Pendidikan Multikultural Di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta.†Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 2(2):54. doi: 10.21927/ijeeti.2023.2(2).54-71.
Susilowatik, Zainuddin Syarif, and Ahmad Qasim. 2014. “Membangun Budaya Organisasi Dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Pesantren.†Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 14(2):8.
Sutisnawati, Astri, Arifin Maksum, and Arita Marini. 2023. “Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 Di Sekolah Dasar.†DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7(3). doi: 10.20961/jdc.v7i3.79769.
Syakhrani, Abdul Wahab, and Muhammad Luthfi Kamil. 2022. “Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal.†Journal Form of Culture 5(1):1–10.
Syarif, Zainuddin, Abd Hannan, and Mubaidi Sulaeman. 2023. “New Media Dan Representasi Budaya Islam Populer: Di Kalangan Pendakwah Muslim Milenial Di Indonesia.†Jurnal Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama Dan Perubahan Sosial Maupun 17(2).
Takari, M., Zaidan, A., & Dja’far, F. M. 2012. Sejarah Kesultanan Melayu Deli Dan Peradaban Masyarakatnya (The History of Malay Deli Sultanate and Its Society’s Civilization).
Wibowo, Deki, Ahmad Khoiri, and Waridah Waridah. 2023. “Internalisasi Nilai Pendidikan Sosial Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Mahasiswa Stkip Melawi.†Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 4(1):70–81. doi: 10.46368/bjpd.v4i1.1353.
Yuniarti, Sri Aisyah Amini, Jumadil Ranto Mulia, and Ridwal Trisoni. 2024. “Pendidikan Multikultural Dan Inklusi.†Jurnal Dirosah Islamiyah 6(1):704–13. doi: 10.17467/jdi.v6i1.1355.